Apa Saja Pelayanan Perawatan Gigi yang Ditanggung BPJS Kesehatan?

Apakah yang membuat Anda selama ini jarang sekali melakukan perawatan gigi ke dokter? Salah satu penyebabnya adalah biaya yang mahal. Bener gak?

Nah, sehingga tak jarang di antara kita yang sering mengabaikan kondisi kesehatan gigi. Jika sudah sakit atau mengalami masalah, barulah menimbulkan ketidaknyamanan, emosi tidak stabil, makan pun tidak enak.

Tapi tahukah Anda bahwa ternyata BPJS Kesehatan juga memberikan perlindungan dan perawatan gigi loh buat peserta yang terdaftar.

Tapi, perawatan gigi yang dimaksud tentunya bukan untuk keperluan estetika loh, ya. tetapi memang sesuai kebutuhan peserta.

Pelayanan Perawatan Gigi Gratis yang Ditanggung BPJS Kesehatan

 Sekarang, fasilitas yang diberikan untuk peserta BPJS Kesehatan sudah mencakup pemeriksaan kesehatan gigi. Layanan fasilitas yang dimaksud adalah fasilitas kesehatan tingkat pertama dan fasilitas kesehatan rujukan tingkat lanjutan.

Seperti biasa, untuk faskes tingkat pertama bisa dengan mengunjungi dokter gigi yang ada di puskesmas, klinik dokter gigi, atau tempat praktik mandiri. Faskes rujukan tingkat lanjut biasanya dengan mengunjungi spesialis atau sub spesialis dokter gigi.

Lalu, apa saja perawatan gigi yang ditanggung BPJS Kesehatan? Simak selengkapnya berikut ini.

  1. Administrasi pelayanan, mencakup biaya administrasi pendaftaran pasien serta biaya lain yang diminta selama proses perawatan kesehatan pasien peserta BPJS Kesehatan
  2. Konsultasi medis, pemeriksaan, dan pengobatan yang dilakukan pasien kesehatan gigi peserta BPJS Kesehatan
  3. Pengobatan awal sebelum dokter mengambil tindakan (pre-medikasi), misalnya pencabutan gigi atau sejenisnya
  4. Pencabutan gigi sulung (tropikal, infiltrasi)
  5. Kegawatdaruratan orto-dental
  6. Pencabutan gigi permanen tanpa penyulit
  7. Obat pasca ekstraksi
  8. GIC dan tumpatan komposit, ini merupakan prosedur penambalan gigi. GIC menggunakan semen IC, sedangkan tumpatan komposit menggunakan bahan yang satu warna dengan gigi, terbuat dari esin komposit yang proses pengerasannya dengan sinar light cure.
  9. Pembersihan karang gigi (scalling gigi) sekali setahun
  10. Pemasangan gigi palsu yang limitnya sudah disesuaikan. BPJS akan memberikan dalam bentuk subsidi dana dengan jumlah yang disesuaikan dengan ketentuan berlaku. Pemasangan 1-8 gigi palsu, subsidi diberikan sebesar Rp 250.000 per raham. Pemasangan gigi palsu untuk 1 rahang sekaligus yang berjumlah 9-16 gigi palsu, subsidi yang diberikan Rp500.000. Sedangkan pemasangan gigi palsu untuk 2 rahang sekaligus, subsidi yang diberikan Rp1.000.000.

Prosedur Pendaftaran Perawatan Gigi BPJS Kesehatan

Namun, sebelum menikmati fasilitas layanan kesehatan gigi tersebut, Anda harus tau langkah-langkah mendapatkan pelayanan gigi dari BPJS Kesehatan.

  • Datangi Faskes I

Jika Anda sudah mendaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan, lakukan pemeriksaan di fasilitas kesehatan tingkat I, bisa di klinik atau puskesmas.

Jika puskesmas yang jadi faskes I tidak lengkap, Anda bisa memilih faskes tingkat I berupa dokter umum yang buka praktek perorangan dan bekerja sama dengan BOJS Kesehatan. Jika sudah mendaftar ke satu tempat, Anda tidak akan bisa melakukan perawatan gigi di klinik dokter gigi lainnya.

Kemudian, Anda bisa melakukan pendaftaran dengan mengisi Daftar Isian Peserta (DIP) yang biasanya sudah disediakan oleh BPJS Kesehatan.

  • Tindakan dari Dokter di Faskes I

Setelah menyelesaikan proses pendaftaran, barulah Anda mendapatkan penanganan kesehatan gigi dari dokter spesialis gigi yang bertugas di faskes tingkat I atau klinik yang sudah Anda pilih.

Kemudian, Anda bisa meneruskan perawatan kesehatan gigi sesuai dengan anjuran dokter. Dokter akan memberikan obat sesuai dengan keluhan gigi Anda. Namun, jika Anda butuh perawatan dengan fasilitas lengkap, maka akan diberikan surat rujukan oleh dokter gigi di faskes I.

  • Perawatan Lanjutan

Saat mendatangi rumah sakit yang menjadi rujukan oleh pihak BPJS Kesehatan, Anda harus membawa surat rujukan, kartu identitas diri serta kartu BPJS Kesehatan.

Anda kembali akan melakukan pendaftaran dan mengulang prosedur yang mirip dengan yang dilakukan di faskes I. Setelah semua prosedur selesai, Anda baru bisa mendapat perawatan gigi yang dibutuhkan.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>