Bahaya Perokok Pasif

Perokok pasif memiliki peluang yang besar untuk terkena dampak negatif dari kegiatan merokok.

Perokok pasif adalah individu yang menghirup asap tembakau atau rokok orang lain. Meskipun tidak bukan perokok, non-perokok memiliki resiko terkena kanker paru-paru dan juga dapat meningkatkan resiko kanker lain termasuk laring (kotak suara) dan faring (tenggorokan atas).

Selain itu, dampak lainnya asap rokok pada perokok pasif termasuk meningkatkan resiko  penyakit pernapasan pada anak-anak, termasuk asma, bronkitis, dan pneumonia.

Asap rokok yang berada di dalam ruangan cenderung menggantung di udara. Berbeda dengan asap dari panas, asap rokok mendingin dengan cepat, sehingga membuatnya berhenti naik ke atas. Dikarenakan asap lebih berat daripada udara, asap tersebut akan bergerak turun.

Lalu jika Anda merokok di dalam ruangan, artinya Anda akan menciptakan awan asap rendah yang akan dihirup oleh orang di sekitar Anda dan secara tidak langsung menjadikan mereka sebagai perokok pasif.

Asap tembakau atau rokok mengandung sekitar 7.000 bahan kimia, yang terdiri dari partikel dan gas, fan dari 70 di antaranya diketahui dapat menyebabkan kanker. Perokok pasif telah dikonfirmasi sebagai penyebab kanker paru-paru pada manusia oleh beberapa otoritas kesehatan terkemuka.

Satu-satunya cara Anda untuk melindungi teman dan keluarga Anda sebagai perokok pasif adalah dengan menjaga lingkungan di sekitar mereka bebas dari asap rokok.

Cara terbaik untuk melakukannya adalah berhenti merokok, namun jika Anda tidak siap untuk berhenti, usahakan untuk menjauhkan asap rokok dari orang lain dan jangan pernah merokok di dalam ruangan atau di dalam mobil.

Kebanyakan asap rokok tidak terlihat dan tidak berbau, jadi seberapa hati-hatinya pun Anda merokok, pikirkanlah orang-orang di sekitar Anda yang akan menghirup racun berbahaya.

Asap rokok sendiri dapat bertahan di udara selama 2 hingga 3 jam setelah Anda selesai merokok, bahkan dengan jendela atau pintu terbuka. Bahkan jika Anda membatasi dengan merokok di satu ruangan saja, asap rokok akan tetap menyebar ke seluruh ruangan lain di mana orang akan menghirupnya.

Ingat, perokok pasif juga memiliki resiko kesehatan yang sangat tinggi. Sehingga Anda harus berhati-hati jika merokok di lingkungan umum.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>