Olahraga Bela Diri untuk Kesehatan Mental

olahraga bela diri untuk kesehatan mental

Menurut para ahli kesehatan, seni bela diri memiliki sejumlah manfaat kesehatan mental. Bela diri bukan hanya tentang pelatihan fisik tetapi juga bisa menjadi obat bagi kondisi emosional kita.

Seni bela diri menciptakan berbagai jenis pola pikir yang lebih seimbang dan stabil. Banyak orang mungkin hanya menganggapnya sebagai metode pertahanan diri. Namun bela diri ternyata sangat efektif sebagai teknik untuk menyeimbangkan pikiran dan tubuh kita. Jadi, mengapa seni bela diri sangat membantu kesehatan mental? Jika Anda ingin tahu bagaimana seni bela diri dapat memberi Anda pikiran yang sehat bersama dengan tubuh yang kuat, simak uraiannya berikut ini!

Membantu Kurangi Tingkat Stres

Jadwal sehari-hari yang Anda hadapi memang tidak akan ada hentinya memberikan tekanan. Tingkat stres yang parah bisa menjadi penyebab munculnya penyakit jantung. Menyeimbangkan tubuh dengan latihan seni bela diri bisa membantu menyehatkan kardio Anda. Sebagian besar latihan bela dir melibatkan meditasi dan latihan pernapasan yang berkontribusi banyak mengurangi stres.

Membantu Meluapkan Amarah

Bersamaan dengan stres yang muncul, amarah juga menjadi reaksi dari kita saat berhadapan dengan hal-hal yang tidak diharapkan.Karena melibatkan gerakan-gerakan aerobik yang berat, bela diri bisa membantu Anda meluapkan amarah. Beberapa riset berhasil membuktikan bahwa latihan bela diri bisa mengatasi masalah yang muncul berkaitan dengan amarah. Bela diri bisa membantu Anda menjernihkan pikiran. Meditasi dan latihan pernapasan akan melatih kita untuk lebih tenang dalam berpikir.

Meningkatkan Kepercayaan Diri

Menurut Asosiasi Kecemasan dan Depresi Amerika, gangguan kecemasan adalah penyakit mental yang paling umum di AS, yang memengaruhi 40 juta orang dewasa di Amerika Serikat yang berusia 18 tahun ke atas, atau 18,1% dari populasi setiap tahun. Ketika Anda merasa kurang percaya diri, seni bela diri dapat menaikkan tingkat kepercayaan diri. Kepercayaan diri yang rendah adalah akar banyak masalah dalam kehidupan sosial Anda dan ini harus diperangi.

Mengurangi Rasa Frustasi

Meskipun kita sudah berusaha keras, adakalanya kegagalan tetap menghampiri. Suka atau tidak, ada banyak masalah seperti tanggung jawab, deadlinehingga komitmen yang membuat Anda merasa dikejar-kejar dan frustasi. Sesi pelatihan seni bela diri tradisional adalah kombinasi dari latihan otot dan pelatihan kardio. Jadi secara fisik, seni bela diri adalah cara yang bagus untuk mengurangi frustrasi Anda dan membuat Anda rileks.

Membantu Anda Lebih Fokus dan Mengintrospeksi Diri

Latihan bela diri bisa membantu Anda memerangi segala pikiran buruk di dalam kepala, termasuk membuat Anda merenungkan banyak hal dalam keseharian. Gangguan-gangguan yang berasal dari luar pun bisa dieliminasi untuk membantu Anda lebih fokus dalam segala aktivitas.

Menghasilkan Hormon Baik

Aktivitas apapun yang melibatkan gerakan fisik akan membuat tubuh mengeluarkan hormon baik seperti endorfin. Endordin akan membantu kondisi emosional Anda menjadi lebih baik dan meningkatkan energi positif di dalam diri.

Dengan sedemikian banyak manfaat termasuk untuk kesehatan mental, bela diri adalah pilihan olahraga yang layak Anda coba.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>