Kumpul Keluarga Besar tapi Malas Bersosialisasi? Ini 5 Cara Mudah Mengatasinya

cara bersosialisasi

Liburan adalah waktu yang tepat untuk kumpul keluarga besar dan melepas rindu. Sayangnya, kita tidak selalu cocok dengan semua anggota keluarga yang memiliki beragam karakter. Pasti ada satu dua orang yang menyebalkan sehingga membuat kita malas bersosialisasi.

Lalu, bagaimana caranya agar Anda tetap bisa menikmati liburan meski harus berhadapan dengan anggota keluarga yang menyebalkan?

1. Lakukan Persiapan Sebelum Kumpul Keluarga Besar

Lebih baik menyiapkan diri untuk bertemu ketimbang berharap mereka berubah. Jika memang tidak ada perubahan karakter menjadi lebih baik, sebaiknya Anda mulai memikirkan saja hal-hal positif dari anggota keluarga tersebut (meskipun hanya sedikit). Dengan bersikap positif, Anda akan lebih toleran terhadap sikap yang menjengkelkan.

2. Pikirkan waktu yang tepat untuk bercengkrama

Jika Anda dan dia suka memasak, ini saatnya melakukan percakapan di sela-sela kegiatan favorit Anda berdua.

3. Tunjukkan ketertarikan terhadap topik pembicaraan

Salah satu cara agar percakapan berlanjut adalah dengan memiliki rasa ingin tahu terhadap topik yang sedang dibicarakan. Jangan terburu-buru memutus pembicaraan hanya karena Anda tidak menyukai orangnya. Siapa tahu, Anda bisa mendapatkan pengetahuan dari percakapan tersebut.

4. Fokus pada lawan bicara

Jika memang Anda benar-benar tidak tertarik topik yang sedang dibahas, Anda bisa mengalihkan pembicaraan dengan bertanya tentang kejadian yang baru saja dialami atau rencana yang akan ia lakukan. Misalnya, “Oiya, Tante Merry bilang kamu mau pindah Jakarta minggu depan, ya? Rencana tinggal dimana?” Dengan memberi pertanyaan lain, topik baru pun muncul.

5. Menyediakan waktu untuk berbicara lebih serius

Tinggal di tempat yang saling berjauhan membuat waktu liburan menjadi sangat berharga untuk dijadikan ajang kumpul keluarga besar. Selain itu, kumpul keluarga menjadi waktu yang tepat untuk meluruskan perselisihan atau kesalahpahaman ketika Anda dan anggota keluarga tidak berkomunikasi tatap muka.

Anda bisa memulai dengan memberi kabar kepada yang bersangkutan bahwa Anda ingin berbicara empat mata dan menyelesaikan permasalahan yang lalu.

Carilah waktu yang tepat agar tidak terganggu oleh anggota keluarga lain. Jika Anda memang bersalah, mintalah maaf dengan tulus dan jangan memakai nada tinggi saat berbicara karena bisa memancing emosi. Lebih baik tidak menyalahkan satu sama lain namun memakai kalimat yang lebih halus, misalnya, “Saya kecewa karena kamu memberitahukan kepada anggota keluarga lain kalau saya dipecat dari pekerjaan.”

Dengarkan penjelasan dari lawan bicara Anda karena bisa saja ia melakukan hal itu tanpa disengaja. Perlu diingat bahwa tujuan Anda berbicara empat mata adalah untuk membuat segala sesuatunya menjadi normal dan rukun kembali. Jangan sampai pembicaraan tersebut malah berujung pertengkaran hebat. Selalu fokus pada tujuan tersebut.

Ingat! Jangan malas bersosialisasi dan tetap ceria

Saat kumpul keluarga seharusnya menjadi saat yang menyenangkan. Jadikan suasana liburan kali ini ceria dengan persiapan dan penuh kesadaran bahwa setiap manusia dilahirkan dengan karakter yang berbeda-beda.

Selamat liburan!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>