Cara Mengobati Vertigo Sentral dengan Mengonsumsi Makanan Ini

Pusing berputar pada vertigo sentral bisa membuat penderita sulit berjalan

Vertigo sentral merupakan vertigo yang disebabkan karena adanya gangguan pada otak atau sistem saraf pusat. Pada vertigo sentral, penderita akan merasakan rasa pusing berputar seperti pada vertigo perifer, tetapi biasanya akan disertai dengan gangguan keseimbangan dan kesulitan mempertahankan satu posisi tertentu.

Rasa pusing saat vertigo kambuh dapat berlangsung selama beberapa menit, bahkan beberapa jam dan dapat datang serta pergi. Penanganan vertigo tergantung dari penyebabnya. Obat-obatan dapat meringankan gejala pusing, mual, dan mabuk perjalanan. 

Salah satu cara mencegah serangan dari vertigo yaitu menjaga pola makan. Makanan memiliki kemampuan untuk mengatur kesehatan di dalam tubuh. Menghindari beberapa jenis makanan nyatanya dapat membantu menurunkan risiko vertigo kambuh. Beberapa jenis makanan ini harus dihindari bagi penderita vertigo.

1. Makanan dengan Gula Tinggi 

Makanan dan minuman yang mengandung madu, gula pasir, gula merah seperti kue dan soda sebaiknya dihindari oleh penderita vertigo. Mengonsumsi makanan dengan gula terlalu tinggi dapat menyebabkan fluktuasi volume cairan di telinga yang meningkatkan gejala vertigo. Untuk meringankannya, pilih gula kompleks yang berasal dari kacang-kacangan, biji-bijian, kentang, atau sayuran.

2. Minuman Berkafein

Kafein yang dihadirkan dalam kopi, teh, cokelat, minuman energi, hingga soda dapat meningkatkan sensasi dengung di dalam telinga. Menghindari kafein merupakan langkah yang baik bagi penderita vertigo, termasuk vertigo sentral. Penderita vertigo dianjurkan untuk mencukupi asupan air putih yang cukup guna mengurangi pusing dan masalah ketidakseimbangan tubuh saat berpindah posisi yang memicu gejala vertigo kambuh.

3. Minuman Beralkohol 

Minuman alkohol perlu dibatasi karena dapat memengaruhi komposisi cairan di telinga dalam. Alkohol dapat memperburuk rasa pusing jika dikonsumsi oleh penderita vertigo. Pengaruh negatif dari alkohol dapat membuat tubuh dehidrasi dan membuat metabolit berbahaya bagi telinga bagian dalam dan otak. Di samping itu, alkohol juga diketahui sebagai pemicu serangan migrain yang juga menyebabkan pusing dan mual.

4. Makanan yang Mengandung Garam Terlalu Banyak

Makanan yang mengandung garam perlu dikurangi. Kandungan sodium dalam garam dapat memperburuk vertigo. Mengonsumsi garam dapat menyebabkan penahanan air berlebih di tubuh dan memengaruhi keseimbangan dan tekanan cairan di tubuh. Penderita vertigo sebaiknya menjauhi makanan tinggi sodium seperti keju, popcorn, keripik, kecap, dan makanan kaleng. 

5. Mengandung MSG

Monosodium glutamate (MSG) adalah asam glutamat yang secara alami terdapat dalam tubuh. Namun, MSG juga dapat ditemukan dalam beberapa jenis makanan dan camilan sebagai penyedap rasa tambahan. Jika makanan mengandung MSG dikonsumsi oleh penderita vertigo yang berasosiasi dengan migrain, seperti vertigo sentral, maka dapat merangsang neurotransmitter dan menyebabkan serangan vertigo kambuh.

Makanan yang Disarankan untuk Penderita Vertigo

Berikut ini adalah beberapa makanan untuk penderita vertigo, yang terbukti aman dan bisa menurunkan risiko kekambuhan.

Buah Citrus

Buah jeruk, anggur, limes, dan lemon, semuanya mengandung vitamin C dalam jumlah tinggi. Selain itu, antioksidan yang kuat di dalamnya telah terbukti efektif dalam mengobati beberapa bentuk penyakit vertigo bila dikombinasikan dengan glutathione.

Ginkgo Biloba

Ginkgo biloba adalah jenis herbal asal Cina yang telah terbukti dapat membantu mengurangi gejala vertigo sentral. Tumbuhan ini disebut bisa melancarkan sirkulasi darah ke otak, sehingga membantu mengurangi keluhan pusing dan gangguan keseimbangan.

Jahe

Jahe dapat mengurangi keluhan yang timbul akibat vertigo. Untuk mendapatkan manfaat ini, rendam akar jahe dalam air mendidih selama 5 menit. Tuang ke gelas dan campurkan madu secukupnya. Minum dua kali sehari untuk mendapatkan manfaat yang optimal.

Kacang Almond

Meski mekanismenya masih belum jelas, penelitian mengatakan bahwa mengonsumsi kacang almond dalam jumlah cukup setiap hari dapat membantu mengatasi gejala vertigo.

***

Penyakit vertigo memang cukup menyeramkan. Namun, untungnya penyakit ini bisa dicegah dengan beberapa cara, seperti memperhatikan asupan makanan. Hal ini termasuk memastikan bahwa tekanan darah, kolesterol, berat badan, dan kadar gula darah anda berada dalam batas yang normal. Langkah tersebut dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit vertigo sentral yang dirasakan seseorang.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>