Catat! Ini Dia Cara Mencegah Kolesterol Tinggi Tanpa Repot

Cara mencegah kolesterol bisa dengan memperbanyak konsumsi sayur dan buah

Bagi Anda yang mulai khawatir mengidap penyakit kronis di kemudian hari, mungkin Anda sedang berusaha mencari solusi mengurangi risiko tersebut, seperti dengan menjalankan cara mencegah kolesterol tinggi. Kolesterol tinggi diketahui memiliki kaitan erat dengan gangguan kesehatan yang cukup serius, seperti penyakit jantung koroner, stroke, hipertensi, hingga arteri perifer. 

Kolesterol tinggi adalah kondisi kesehatan yang merujuk pada jumlah kolesterol dalam darah yang terlampau banyak, sehingga ia mengendap pada pembuluh darah dan menyebabkan aliran darah menjadi terhambat.

Seperti ungkapan, bahwa lebih baik mencegah daripada mengobati, cara mencegah kolesterol tinggi menjadi solusi terbaik yang dapat Anda pilih. Informasi selengkapnya dapat Anda simak di bawah ini.

Cara mencegah kolesterol tinggi tanpa repot

Pada dasarnya, cara mencegah kolesterol tinggi adalah dengan memperbaiki pola hidup, termasuk di dalamnya mengatur asupan dan berolahraga. Menurut CDC atau Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC) Amerika Serikat, ada beberapa cara mencegah kolesterol yang menjadi rekomendasi, yaitu:

  •  Menjaga asupan makanan

Pola makan sehat menjadi kunci Anda dalam upaya mencegah kolesterol tinggi. Pasalnya, segala sesuatu yang Anda konsumsi dapat memengaruhi fungsi organ dalam tubuh. Cara mencegah kolesterol tinggi dapat Anda mulai dengan membatasi konsumsi makanan lemak jenuh dan lemak trans, seperti keju, gorengan, daging berlemak, junk food, mie instan, dan minyak sawit. 

Di samping itu, Anda juga perlu untuk mengurangi konsumsi gula dan garam tambahan. Sebagai alternatif, perbanyaklah mengonsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian, daging tanpa lemak, makanan laut, susu dan produk olahan susu yang bersifat bebas lemak. 

Anda juga perlu untuk mengonsumsi makanan tinggi serat dan lemak tak jenuh, yang terkandung dalam oatmeal, kacang-kacangan, alpukat, dan minyak zaitun. Rekomendasi makanan tersebut berguna dalam membantu tubuh untuk mengontrol kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida, dan meningkatkan kolesterol baik (HDL).

  • Menjaga berat badan ideal

Anda mungkin sering mendengar bahwa kondisi berat badan berlebih dan obesitas dapat meningkatkan risiko terkena kolesterol jahat. Kondisi ini berkaitan erat dengan risiko terkena penyakit jantung dan stroke. 

Lakukanlah perhitungan indeks massa tubuh secara rutin agar Anda dapat mengontrol berat badan dengan optimal. Jika memang berat badan Anda berlebih, maka lakukanlah olahraga atau diet sehat yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda. Berkonsultasi dengan dokter juga akan sangat membantu Anda dalam memilih gaya hidup yang lebih sehat.

  • Hindari konsumsi alkohol berlebih

Mengonsumsi alkohol dalam jumlah yang berlebih dapat berujung pada meningkatnya kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah. Kondisi ini berisiko menyebabkan penyakit stroke, gagal jantung, dan hipertensi. 

Aturan minum alkohol yang diperbolehkan, yaitu bagi pria tidak boleh melebihi dua gelas setiap hari dan wanita tidak boleh melebihi satu gelas. 

  • Menghentikan kebiasaan merokok

Salah satu cara mencegah kolesterol tinggi yang juga sering direkomendasikan oleh para ahli, yaitu dengan menghentikan kebiasaan merokok. Bukan tanpa sebab, merokok sering kali dikaitkan dengan penyakit kronis tertentu.

Kebiasaan merokok dapat menyebabkan rusaknya pembuluh darah, mempercepat penumpukan plak dalam arteri, dan meningkatkan risiko penyakit jantung. 

Sebagai alternatif, Anda dapat mencari kegiatan lain untuk tetap membuat mulut Anda sibuk, seperti mengunyah permen karet, makan kuaci, atau mengonsumsi wortel.

  • Aktif secara fisik

Bukan merupakan hal yang baru, aktif secara fisik dapat menjadi cara mencegah kolesterol tinggi yang efektif. Lakukanlah latihan fisik secara rutin selama 30-6- menit setiap harinya atau sekitar 150 jam per minggu dengan melakukan kegiatan olahraga, seperti jogging, lari, naik turun tangga, atau berenang.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>