Ciri-ciri Ikan Segar Potong atau Filet

Memilih daging ikan berkualitas tinggi akan menjadi hal yang mudah untuk dilakukan apabila Anda tahu apa yang Anda cari. Hanya dengan memerhatikan ciri-ciri ikan segar Anda bisa tahu ikan mana yang sudah disimpan di dalam freezer dalam waktu yang lama dan mana yang masih segar. Selain itu, Anda juga akan tahu seberapa sehat ikan tersebut dan apakah dalam proses pengambilan dan transportasi, ikan tersebut ditangani dengan baik atau tidak. Beberapa orang lebih suka memilih ikan utuh saat berbelanja di pasar. Namun, tidak sedikit pula yang memilih ikan yang sudah dipotong dan disiapkan. Artikel ini akan membahas ciri-ciri ikan segar potong atau filet yang perlu Anda ketahui.

Memerhatikan ciri-ciri ikan segar filet gampang-gampang susah. Kebanyakan, hal yang perlu Anda perhatikan adalah warna dan tekstur dari daging ikan itu sendiri.

  • Carilah retakan, sobekan, dan lapisan air

Perhatikan apakah daging ikan atau filet menunjukkan adanya keretakan atau sobekan di antara otot dan selubung kolagen (garis putih pada daging ikan). Kerusakan pada otot ikan menunjukkan adanya penanganan atau proses pemotongan yang salah. Pemisahan alami dari otot di sekitar selubung kolagen juga menunjukkan bahwa daging ikan tidak segar karena enzim yang secara alami ada di di jaringan otto perlahan-lahan merusakkolagen, menyebabkan otot mulai rusak akibat beratnya sendiri. Selain itu, lapisan air di dalam wadah ikan juga menunjukkan bahwa ikan mulai menua dan kehilangan kemampuannya dalam menyimpan dan menjaga kelembapan.

  • Perhatikan konsistensi dan warna daging ikan

Untuk ikan putih seperti ikan cod dan halibut, ciri-ciri ikan segar potong jenis ini akan memiliki warna yang sedikit tembus cahaya. Apabila daging ikan berwarna sangat putih dan buram atau kabur, hal tersebut menunjukkan bahwa daging ikan sudah tidak segar. Untuk ikan dengan daging berwarna gelap seperti ikan tuna atau salmon, daging ikan harus berwarna cerah dengan warna yang tersaturasi alami. Pilihlah daging dengan kontras warna yang jelas antara otot dan lemak. Sementara itu, untuk semua jenis daging ikan pada umumnya, pastikan daging ikan basah dan tampak glossy. Ikan yang lengket atau kering menunjukkan bahwa proses penanganan ikan salah (misalnya disimpan dalam suhu yang hangat), dibekukan dan dicairkan berulang kali, dana tau sudah tua atau tidak lagi segar.

  • Memilih bagian-bagian ikan

Dalam hal memilih bagian-bagian tubuh ikan mana saja yang layak dikonsumsi, dibandingkan dengan mamalia, daging ikan lebih mudah untuk dipilih. Ragam jenis daging memang tidak banyak, namun ada perbedaan-perbedaan yang cukup signifikan. Hal yang paling penting adalah Anda harus memerhatikan apa yang akan Anda lakukan dengan daging ikan tersebut. Beberapa jenis potongan daging memiliki fungsinya masing-masing dalam proses pemasakan. Misalnya, bagian perut ikan akan lebih lezat dinikmati apabila dimakan mentah atau direbus. Sementara itu, bagian filet sngat lezat dan lembut, dan sangat versatile dalam proses pengolahannya. Namun, filet akan mudah mongering jika Anda memasaknya terlalu lama. Sehingga, olah filet dengan hati-hati.

Dalam memilih ikan, Anda juga perlu memerhatikan ciri-ciri ikan segar yang telah dibekukan atau dicarikan. Tidak semua ikan beku buruk. Yang penting, Anda harus memilih ikan segar yang dibekukan, dan bukan ikan lama. Dengan mengetahui ciri-ciri ikan segar tersebut, Anda dapat memilih ikan berkualitas tinggi yang lezat untuk masakan Anda.

Tags:  

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>