Category Hidup Sehat

Ciri-ciri Ikan Segar Potong atau Filet

Memilih daging ikan berkualitas tinggi akan menjadi hal yang mudah untuk dilakukan apabila Anda tahu apa yang Anda cari. Hanya dengan memerhatikan ciri-ciri ikan segar Anda bisa tahu ikan mana yang sudah disimpan di dalam freezer dalam waktu yang lama dan mana yang masih segar. Selain itu, Anda juga akan tahu seberapa sehat ikan tersebut dan apakah dalam proses pengambilan dan transportasi, ikan tersebut ditangani dengan baik atau tidak. Beberapa orang lebih suka memilih ikan utuh saat berbelanja di pasar. Namun, tidak sedikit pula yang memilih ikan yang sudah dipotong dan disiapkan. Artikel ini akan membahas ciri-ciri ikan segar potong atau filet yang perlu Anda ketahui.

Memerhatikan ciri-ciri ikan segar filet gampang-gampang susah. Kebanyakan, hal yang perlu Anda perhatikan adalah warna dan tekstur dari daging ikan itu sendiri.

  • Carilah retakan, sobekan, dan lapisan air

Perhatikan apakah daging ikan atau filet menunjukkan adanya keretakan atau sobekan di antara otot dan selubung kolagen (garis putih pada daging ikan). Kerusakan pada otot ikan menunjukkan adanya penanganan atau proses pemotongan yang salah. Pemisahan alami dari otot di sekitar selubung kolagen juga menunjukkan bahwa daging ikan tidak segar karena enzim yang secara alami ada di di jaringan otto perlahan-lahan merusakkolagen, menyebabkan otot mulai rusak akibat beratnya sendiri. Selain itu, lapisan air di dalam wadah ikan juga menunjukkan bahwa ikan mulai menua dan kehilangan kemampuannya dalam menyimpan dan menjaga kelembapan.

  • Perhatikan konsistensi dan warna daging ikan

Untuk ikan putih seperti ikan cod dan halibut, ciri-ciri ikan segar potong jenis ini akan memiliki warna yang sedikit tembus cahaya. Apabila daging ikan berwarna sangat putih dan buram atau kabur, hal tersebut menunjukkan bahwa daging ikan sudah tidak segar. Untuk ikan dengan daging berwarna gelap seperti ikan tuna atau salmon, daging ikan harus berwarna cerah dengan warna yang tersaturasi alami. Pilihlah daging dengan kontras warna yang jelas antara otot dan lemak. Sementara itu, untuk semua jenis daging ikan pada umumnya, pastikan daging ikan basah dan tampak glossy. Ikan yang lengket atau kering menunjukkan bahwa proses penanganan ikan salah (misalnya disimpan dalam suhu yang hangat), dibekukan dan dicairkan berulang kali, dana tau sudah tua atau tidak lagi segar.

  • Memilih bagian-bagian ikan

Dalam hal memilih bagian-bagian tubuh ikan mana saja yang layak dikonsumsi, dibandingkan dengan mamalia, daging ikan lebih mudah untuk dipilih. Ragam jenis daging memang tidak banyak, namun ada perbedaan-perbedaan yang cukup signifikan. Hal yang paling penting adalah Anda harus memerhatikan apa yang akan Anda lakukan dengan daging ikan tersebut. Beberapa jenis potongan daging memiliki fungsinya masing-masing dalam proses pemasakan. Misalnya, bagian perut ikan akan lebih lezat dinikmati apabila dimakan mentah atau direbus. Sementara itu, bagian filet sngat lezat dan lembut, dan sangat versatile dalam proses pengolahannya. Namun, filet akan mudah mongering jika Anda memasaknya terlalu lama. Sehingga, olah filet dengan hati-hati.

Dalam memilih ikan, Anda juga perlu memerhatikan ciri-ciri ikan segar yang telah dibekukan atau dicarikan. Tidak semua ikan beku buruk. Yang penting, Anda harus memilih ikan segar yang dibekukan, dan bukan ikan lama. Dengan mengetahui ciri-ciri ikan segar tersebut, Anda dapat memilih ikan berkualitas tinggi yang lezat untuk masakan Anda.

Read More

Jaga Fungsi Pendengaran dengan Melakukan Pemeriksaan Telinga

Dibanding organ tubuh lainnya, telinga tampaknya merupakan bagian yang jarang mendapat perhatian khusus. Padahal perannya dalam kehidupan kita jelas sangatlah penting.

Mungkin tidak banyak orang yang segera berkunjung ke dokter THT untuk melihat keadaan bagian dalam telinga dan gendang telinga, ketika telinganya bermasalah. Mungkin karena tidak merasakan urgensinya. Yuk, cari tahu kenapa pemeriksaan telinga ini penting!

Pentingnya pemeriksaan telinga

Pemeriksaan telinga dilakukan oleh dokter spesialis THT (Telinga, Hidung, dan Tenggorokan) untuk menilai kondisi di dalam lubang telinga serta kondisi gendang telinga. Dalam istilah medis, pemeriksaan ini juga disebut otoskopi.

Prosesnya dibantu dengan alat yang disebut otoskop, yaitu alat dengan ujung runcing yang disebut spekulum. Ukuran otoskop ini bervariasi dan dapat disesuaikan dengan ukuran lubang telinga pasien.

Tak hanya dapat disesuaikan dengan ukuran lubang telinga pasien, otoskop juga dilengkapi dengan lampu. Sehingga kondisi pemeriksaan telinga dapat dibuat terang dan dokter THT lebih mudah melihat keadaan bagian dalam telinga.

Secara umum, pemeriksaan ini dilakukan untuk menilai atau mengevaluasi bagian dalam telinga dan gendang telinga. Tindakan ini sangat dibutuhkan bila pasien mengalami trauma kepala, gendang telinga pasien tertusuk atau robek, ada infeksi telinga, atau terjadi penurunan fungsi pendengaran. Ketika merasakan nyeri pada telinga atau telinga berdengung, Anda juga disarankan untuk menjalani pemeriksaan telinga.

Prosedur pemeriksaan telinga serta interpretasi hasilnya

Sebetulnya prosedur pemeriksaan telinga relatif sederhana, dokter akan menarik daun telinga Anda ke belakang dan atas, seperti gerakan menjewer. Tujuannya, agar posisi lubang telinga lebih lurus, sehingga otoskop dapat dimasukkan dengan lebih mudah.

Bila ditemukan kotoran telinga selama pemeriksaan, dokter akan membersihkannya. Selanjutnya, dokter akan melihat kondisi bagian dalam lubang telinga dan gendang telinga.

Berdasarkan otoskopi tersebut, dapat diketahui apakah liang telinga dan gendang telinga pasien dalam keadaan normal atau tidak. Kondisi telinga pasien akan dianggap normal bila warna liang telinga sama seperti warna kulit di sekitarnya, sedang gendang telinga tampak putih terang atau keabu-abuan.

Sebaliknya, bila lubang telinga terlihat memerah dan bengkak, artinya ada kemungkinan infeksi. Lebih lanjut, jika terdapat nanah di belakang gendang telinga atau gendang telinga tidak memantulkan cahaya saat disorot oleh lampu otoskop, maka kemungkinan pasien mengalami infeksi telinga bagian tengah.

Dari hasil pemeriksaan tersebut, dokter THT tentu akan mengambil langkah lanjutan. Bila pemeriksaan telinga atau otoskopi dianggap sudah cukup untuk memperoleh diagnosis yang tepat, maka dokter THT akan memberikan terapi atau pengobatan sesuai dengan kondisi pasien.

Apabila otoskopi belum cukup untuk menegakkan diagnosis, maka dokter akan merekomendasikan serangkaian tes lanjutan. Tes yang biasanya disarankan, antara lain timpanometri dan akustik reflektometri.

Timpanometri dilakukan untuk memastikan adanya infeksi pada telinga bagian tengah. Sedang akustik reflektometri ditujukan untuk mengetahui seberapa baik kondisi gendang telinga dalam merefleksikan bunyi. Semakin banyak suara yang direfleksikan oleh gendang telinga, semakin tinggi pula tekanan di dalam telinga. Hal ini biasanya memicu gangguan pendengaran.

Kedua pemeriksaan telinga lanjutan tersebut tidak hanya disarankan ketika otoskopi belum bisa memberikan diagnosis yang definitive, tetapi juga saat terapi dianggap belum bisa meringankan keluhan pasien. Pada kondisi demikian, biasanya dokter THT akan menyarankan pemeriksaan lanjutan.

Sebagai sebuah prosedur pemeriksaan, otoskopi relatif aman. Namun, bila otoskop tidak dibersihkan ada risiko penyebaran infeksi.

Read More

Jenis Vegetarian dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

jenis vegetarian dan manfaatnya bagi tubuh

Diet vegetarian merupakan jenis diet yang menghindari konsumsi daging, ikan, dan unggas. Biasanya orang-orang melakukan diet jenis vegetarian karena alasan pribadi ataupun keyakinan tertentu. Selain itu, masalah kode etis, misalnya hak-hak hidup hewan, juga menjadi dasar mengapa diet ini semakin populer belakangan ini. Ada banyak pula dari mereka yang melakukan diet vegetarian karena alasan-alasan lingkungan. Misalnya, karena produksi hewan ternak meningkatkan emisi gas rumah kaca yang menjadi penyebab utama perubahan iklim serta membutuhkan air, energi, dan sumber-sumber alami dalam jumlah yang banyak. 

Ada beberapa jenis vegetarian, masing-masing berbeda pada batasan apa saja yang dapat dikonsumsi dan apa yang wajib dihindari. Beberapa jenis vegetarian yang umum dijumpai adalah:

  • Lacto-ovo vegetarian. Orang-orang yang mengikuti jenis vegetarian ini tidak mengonsumsi daging, ikan, dan unggas, namun masih tetap makan telur dan produk-produk susu. 
  • Lacto-vegetarian. Tidak mengonsumsi daging, ikan, unggas, dan telur, namun membolehkan konsumsi produk susu.
  • Ovo-vegetarian. Tidak makan daging, ikan, unggas, dan produk susu, namun membolehkan konsumsi telur. 
  • Pescetarian. Tidak mengonsumsi daging dan unggas, namun membolehkan konsumsi ikan, telur, dan produk susu. 
  • Vegan. Tidak mengonsumsi daging, ikan, unggas, telur, produk susu dan produk-produk hewan lain seperti madu. 
  • Flexitarian. Sering mengonsumsi diet vegetarian namun terkadang masih mengonsumsi daging, ikan, dan unggas. 

Manfaat kesehatan menjadi seorang vegetarian

Jenis vegetarian di atas dihubungkan dengan beberapa manfaat kesehatan. Bahkan, penelitian telah menunjukkan bahwa vegetarian memiliki kualitas diet yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi daging, seperti asupan nutrisi penting seperti serat, vitamin C, E, dan magnesium yang lebih tinggi. Beberapa manfaat kesehatan tersebut di antaranya adalah:

  • Membantu mengurangi berat badan

Berganti ke diet jenis vegetarian dapat menjadi strategi yang efektif apabila Anda ingin mencoba menurunkan berat badan. Sebuah review pada 12 penelitian menunjukkan bahwa vegetarian bisa turun berat badan seberat 2 kg dalam 18 minggu, dibandingkan dengan non-vegetarian. 

  • Mengurangi risiko penyakit kanker

Manfaat diet jenis vegetarian lain adalah kemampuannya dalam mengurangi risiko penyakit kanker. Banyak penelitian mendukung klaim ini. Risiko kanker berbahaya seperti kanker payudara, usus, lambung, dan dubur berkurang pada mereka yang mengikuti diet ini. Akan tetapi, penelitian baru-baru ini tersebut hanya sebatas studi observasi, yang tidak dapat membuktikan hubungan sebab akibat. Penelitian lanjutan dibutuhkan untuk memahami bagaimana vegetarianisme memberikan dampak pada risiko kanker. 

  • Menstabilkan gula darah

Beberapa studi mengindikasikan bahwa diet jenis vegetarian dapat membantu menjaga kadar gula darah yang sehat. Misalnya, dalam satu review dari 6 studi menunjukkan bahwa vegetarianisme dapat meningkatkan pengaturan gula darah pada orang-orang yang menderita diabetes tipe 2. Diet vegetarian juga dapat mencegah diabetes dengan menstabilkan kadar gula darah dalam jangka waktu yang lama. 

  • Meningkatkan kesehatan jantung

Diet jenis vegetarian dapat mengurangi faktor risiko beberapa penyakit jantung untuk membantu jantung tetap sehat dan kuat. Sebuah studi yang dilakukan pada 76 orang yang mencoba diet vegetarian menemukan bahwa mereka dapat menurunkan kadar triglycerides, kolesterol total, dan kolesterol LDL jahat, semuanya, apabila dalam kadar yang tinggi, merupakan faktor risiko penyakit jantung. 

Makanan jenis vegetarian terdiri dari campuran antara sayur, buah, gandum, lemak dan protein sehat. Untuk mengganti protein dari daging, Anda bisa mengonsumsi tanaman yang kaya protein seperti kacang, tempe, tahu, polong-polongan, dan biji-bijian.

Read More

Ingin Jaga Daya Tahan Tubuh? Cobalah Makanan Ini

Jaga daya tahan tubuh pada umumnya dapat dilakukan dengan minum vitamin C. Selain mengkonsumsi obat seperti vitamin C, cara lain untuk menjaga daya tahan tubuh adalah dengan mengkonsumsi daging domba.

Daging domba tidak kalah menarik dengan daging-daging lain seperti ayam dan sapi. Untuk menikmati daging ini, Anda perlu memasak dengan cara yang benar agar daging tersebut dapat memberikan tekstur yang bagus dan rasa yang nyaman di lidah.

Berbagai sumber menyatakan bahwa manusia perlu konsumsi makanan yang sehat untuk menjaga daya tahan tubuh. Salah satu makanan untuk membantu menjaga daya tahan tubuh termasuk daging domba.

Manfaat Daging Domba

Daging domba tidak hanya enak untuk disantap, namun juga dapat memberikan berbagai manfaat bagi tubuh. Manfaat-manfaat yang diperoleh ketika Anda mengkonsumsi daging domba adalah sebagai berikut:

  • Menjaga daya tahan tubuh

Jaga daya tahan tubuh itu penting. Oleh karena itu, Anda sebaiknya coba daging domba, karena kegunaannya untuk menjaga daya tahan tubuh. Daging domba juga mengandung zat besi dan zinc.

  • Sumber protein

Daging domba juga mengandung protein dimana kegunaannya dapat memberikan energi pada tubuh, menjaga massa otot, serta membantu pembentukan dan perbaikan otot.

  • Mencegah anemia

Manfaat lain yang diperoleh daging domba adalah mampu mencegah anemia. Manusia yang merasa lelah karena melakukan sejumlah aktivitas dapat mengkonsumsi daging domba, karena mengandung 294 kalori.

  • Baik untuk otot

Daging domba adalah salah satu makanan yang mengandung protein tinggi, termasuk asam amino esensial untuk tubuh. Karena mengandung protein tinggi, daging domba dapat membantu menjaga kepadatan otot.

  • Meningkatkan performa

Daging domba juga mengandung senyawa asam amino beta-alanine dimana kegunaannya untuk membuat carnosine dalam tubuh demi menjaga fungsi otot yang sehat. Tidak hanya itu, senyawa carnosine juga dapat meningkatkan performa fisik untuk melakukan serangkaian aktivitas.

  • Asam lemak sehat

Daging domba bisa Anda konsumsi karena merupakan salah satu makanan yang mengandung lemak sehat yang terdapat antiradang asam lemak omega-3 untuk membantu menjaga kesehatan tubuh, termasuk menurunkan berat badan.

  • Menjaga sistem saraf

Manfaat lain dari daging domba adalah menjaga sistem saraf. Daging domba mengandung vitamin B2, B3, B5, B6, dan B12.

Risiko Yang Memungkinkan Terjadi

Walaupun daging domba memberikan sejumlah manfaat bagi tubuh, Anda perlu konsumsi daging ini secukupnya, karena makanan ini termasuk makanan yang mengandung kolesterol tinggi dimana hal tersebut dapat memicu risiko penyakit jantung.

Selain itu, Anda perlu memasak daging ini dengan matang. Daging domba mengandung parasit Toxoplasma gondii. Parasit tersebut berbahaya jika dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang mengandung dan mengalami gangguan imunitas, karena dapat mengakibatkan infeksi toksoplasmosis.

Tidak hanya itu, daging domba juga dapat menimbulkan reaksi alergi walaupun jarang terjadi. Reaksi alergi yang dialami seseorang adalah ruam, mual, dan hidung berair. Oleh karena itu, jika Anda mengalami masalah kesehatan baik kolesterol tinggi maupun reaksi alergi tertentu, Anda sebaiknya konsultasikan masalah ini dengan dokter.

Jaga daya tahan tubuh itu penting. Daging domba adalah salah satu makanan yang dapat Anda konsumsi, karena memiliki berbagai manfaat seperti memberikan energi untuk melakukan aktivitas sesuai kebutuhan. Selain itu, karena dunia sedang menghadapi wabah Covid-19, Anda juga perlu melakukan beberapa hal untuk mencegah penyebaran virus tersebut. Berikut adalah hal-hal yang perlu Anda lakukan:

  • Rajin mencuci tangan dengan menggunakan sabun selama 20 detik. Anda juga dapat menggunakan hand sanitizer sebagai penggantinya.
  • Jika Anda ingin keluar rumah, Anda sebaiknya gunakan masker dan hindari kerumuan dengan menjaga jarak dengan orang lain setidaknya 1 meter. Anda juga jangan melakukan kontak fisik dengan orang lain.
  • Jangan menyentuh mata, hidung, atau mulut jika tangan Anda tidak bersih.
  • Konsumsi makanan yang sehat seperti sayur dan buah-buahan.
  • Berolahraga secara teratur.
  • Minum obat untuk membantu menjaga daya tahan tubuh.
Read More

Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan Tubuh

Apakah Anda suka mengonsumsi daun kelor? Selain rasanya yang enak, ternyata manfaat daun kelor juga baik untuk kesehatan tubuh. Tanaman yang memiliki nama Latin Moringa oleifera ini sudah dianggap memiliki manfaat kesehatan selama ribuan tahun. Hal ini disebabkan karena daun kelor kaya akan kandungan antioksidan dan senyawa tanaman bioaktif. Para peneliti pun mencoba menginvestigasi kebenaran reputasi yang dimiliki oleh daun kelor. Artikel ini akan membahas manfaat daun kelor bagi kesehatan yang sudah didukung oleh bukti-bukti penelitian ilmiah.

Tanaman yang sangat bernutrisi

Manfaat daun kelor yang pertama adalah kandungan nutrisinya yang sangat melimpah. Pohon besar yang berasal dari India Utara ini tidak hanya daunnya saja yang bisa dikonsumsi, tetapi juga bagian lain dapat digunakan sebagai bahan baku obat-obatan herbal tradisional. Daun kelornya sendiri merupakan sumber vitamin dan mineral yang kaya. Dalam 21 gram daun kelor terdapat protein sebanyak 2 gram, vitamin B6 sebanyak 19 persen dari asupan harian yang direkomendasikan (RDA), vitamin C 12% RDA, zat besi 11% RDA, vitamin B2 11% RDA, vitamin A 9% RDA, dan magnesium 8% RDA. Di negara-negara barat, daun kelor kering dijual sebagai suplemen diet, baik dalam bentuk serbuk ataupun kapsul.

Apabila dibandingkan dengan daun kelor, polong kelor sedikit mengandung varian vitamin dan mineral. Namun, polong kelor sangat kaya akan vitamin C. Dalam 100 gram polong kelor sudah dapat memenuhi sekitar 157% dari rekomendasi asupan harian. Di negara-negara berkembang, makanan yang mereka konsumsi biasanya rendah akan kandungan vitamin, mineral, dan protein. Di negara-negara tersebut, daun kelor dapat menjadi sumber nutrisi esensial yang baik. Namun, ada satu kekurangan dari daun kelor. Daun ini mengandung kadar antinutrient yang tinggi, yang mana dapat mengurangi penyerapan mineral dan protein.

Kaya akan antioksidan

Manfaat daun kelor yang lain adalah daun ini mengandung antioksidan yang melimpah. Antioksidan merupakan senyawa yang akan bertindak melawan radikal bebas di dalam tubuh. Kadar radikal bebas yang tinggi di dalam tubuh dapat menyebabkan stres oksidatif, yang sering diasosiasikan dengan penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Beberapa antioksidan senyawa tanaman banyak ditemukan di daun kelor. Selain vitamin C dan beta-karoten, beberapa antioksidan tersebut adalah quercetin, antioksidan yang kuat yang dapat membantu mengurangi tekanan darah, dan asam chlorogenic, yang banyak ditemukan di kopi dan dapat membantu mengatur kadar gula darah setelah makan. Sebuah studi pada wanita menemukan bahwa konsumsi 7 gram bubuk daun kelor setiap hari selama 3 bulan dapat meningkatkan kadar antioksidan darah secara signifikan. Ekstrak daun kelor juga dapat dijadikan sebagai pengawet makanan. Ekstrak tersebut dapat memperlama ketahanan daging dengan cara mengurangi oksidasi.

Dapat menurunkan kadar gula darah

Gula darah yang tinggi dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Nyatanya, hal tersebut merupakan salah satu ciri diabetes. Setelah beberapa saat, kadar gula darah yang tinggi juga dapat meningkatkan risiko penyakit lain seperti penyakit jantung. Karena alasan tersebut, penting untuk menjaga kadar gula darah Anda dalam batas yang sehat. Untungnya, manfaat daun kelor yang lain adalah kemampuannya dalam menurunkan kadar gula darah. Namun, kebanyakan dari studi tersebut dilakukan pada hewan, dan hanya sedikit penelitian pada manusia. Meskipun ada, penelitian tersebut dalam kualitas yang rendah secara umum. Penelitian lanjutan dibutuhkan untuk mengkonfirmasi hal tersebut.

Read More

Ragam Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

Daun salam menjadi bagian tak terpisahkan dari masakan-masakan khas nusantara. Banyak sekali makanan tradisional yang memanfaatkan daun salam sebagai salah satu bumbunya. Telah lama, daun salam dikenal mampu menambah aroma dan kelezatan masakan. Tapi, tahukah Anda manfaat daun salam bukan hanya sebagai pelengkap masakan, melainkan juga untuk menjaga kesehatan?

Kandungan daun salam diyakini memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan. Di bawah ini, beberapa manfaat dari Laurus nobilis atau daun salam.

1. Mengatasi peradangan

Peradangan yang terjadi sebagian besar dipicu oleh enzim COX-21. Dalam sebuah penelitian di Australia, diketahui bahwa daun salam dapat menghambat enzim tersebut.

Selain COX-21, peradangan juga dapat diakibatkan oleh penumpukan nitrat oksida di dalam tubuh. Sesquiterpene lactones merupakan senyawa yang terkandung di dalam daun salam dan dapat menghambat produksi nitrat oksida.

2. Mengendalikan kadar gula darah

Manfaat daun salam yang lain adalah meringankan penyakit diabetes. Kemampuannya mengatur metabolisme glukosa dalam darah membuat daun salam dapat membantu banyak penderita diabetes tipe 2.

Menurut hasil penelitian yang dirilis oleh National Center for Biotechnology Information (NCBI) pada tahun 2008, daun salam dapat meningkatkan fungsi reseptor insulin. Itulah sebabnya, daun yang satu ini dapat turut membantu mengendalikan kadar gula darah.

3. Mengatasi infeksi jamur

Daun salam diyakini memiliki sifat anti jamur, sehingga dapat melindungi kulit dari berbagai infeksi. Konsumsi air rebusan daun salam disebut-sebut dapat membentuk lapisan pelindung membran dan menghindarkan kulit dari infeksi jamur. Konon jamur tidak dapat menembus lapisan pelindung yang dibentuk oleh daun salam tersebut.

4. Merawat rambut

Banyak orang mendambakan rambut yang sehat, tumbuh lebat serta tidak ada ketombe. Namun, ketombe terbilang persoalan yang tidak mudah diatasi. Banyak orang berganti-ganti aneka produk perawatan rambut demi melawan ketombe. Bila Anda salah satunya, mungkin inilah saatnya beralih pada perawatan rambut tradisional, seperti memanfaatkan daun salam.

Untuk mengatasi masalah ketombe, cukup gunakan air rebusan daun salam untuk membilas rambut saat keramas.

Tak hanya itu, masih ada manfaat daun salam lainnya untuk perawatan rambut. Daun yang satu ini dapat merangsang pertumbuhan rambut, mengatasi rasa gatal pada kulit kepala, serta menanggulangi kerontokan.

5. Meredakan stres

Bukan hanya berperan bagi kesehatan fisik, daun salam juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan mental. Meski perhatian orang terhadap kesehatan mental tidak sebesar perhatian pada kesehatan fisik, namun keduanya sama penting lho.

Salah satu persoalan yang kerap mengganggu kesehatan mental seseorang adalah stres. Pemicunya tentu bisa sangat beragam. Setiap masalah akan memiliki bobot yang berbeda bagi setiap orang, tidak sedikit diantaranya yang memicu stres.

Nah, daun salam dipercaya dapat menenangkan pikiran, mengurangi rasa cemas, serta memperbaiki kualitas tidur. Untuk memperoleh manfaat daun salam yang satu ini, Anda dapat menambahkannya dalam makanan atau membakarnya, dijadikan semacam aromaterapi.

Banyak orang menganggap, obat herbal lebih aman dan tidak akan menimbulkan efek samping, karena bahannya alami. Padahal tidak demikian, obat herbal juga dapat memiliki efek samping. Jadi, Anda tetap perlu berhati-hati bila ingin menggunakan tanaman sebagai obat, termasuk daun salam.

Apabila dikonsumsi secukupnya, daun salam terbilang cukup aman. Mulai sekarang Anda dapat mengambil manfaat daun salam bukan hanya untuk masakan dan penambah aroma, melainkan juga untuk menjaga kesehatan.

Read More

Manfaat Si Imut Jamur Enoki

Jamur enoki adalah jamur yang biasa digunakan dalam masakan Jepang. Jamur ini juga memiliki berbagai macam manfaat kesehatan dan sangat bergizi, dan akan menjadi tambahan yang bagus untuk diet Anda.

Jamur kecil ini memiliki tangkai panjang, sangat tipis dan memiliki topi kancing kecil. Jamur enoki juga dikenal sebagai jamur jarum emas, jamur makanan laut, jamur musim dingin dan jamur lily, di antara nama-nama lain, jamur enoki umumnya paling sering disajikan di dalam sup. Namun, jamur ini juga dapat Anda nikmati dalam hidangan lain, seperti di dalam salad, atau dimakan sebagai camilan.

Selain enak, jamur enoki sangat bergizi, karena mengandung berbagai vitamin dan mineral penting, termasuk vitamin B3, vitamin B5, vitamin B1, vitamin B2, fosfor, zat besi, selenium, tiamin, kalsium, dan tembaga. Jamur enoki juga mengandung asam amino sehat dan serat makanan, serta rendah kolesterol.

Karena berbagai jenis vitamin, mineral dan nutrisi penting lainnya jamur enoki memiliki banyak manfaat kesehatan, yaitu:

  • Mencegah kanker dan tumor

Banyaknya antioksidan yang ditemukan dalam kamur enoki, sangat bermanfaat bagi kesehatan Anda secara keseluruhan dan juga membantu mencegah berbagai jenis kanker.

  • Membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Asam amino yang sehat dalam jamur enoki berfungsi untuk meningkatkan kekuatan dan kesehatan sistem kekebalan tubuh Anda. Faktanya, jamur enoki telah digunakan selama berabad-abad dalam budaya Asia sebagai obat untuk tekanan darah tinggi, penyakit perut, kolesterol tinggi dan penyakit hati.

  • Mengurangi lemak tubuh dan meningkatkan metabolisme

Jamur enoki mengandung asam linoleat, yang secara khusus menargetkan dan membantu Anda mengurangi lemak perut saat ditambahkan ke makanan rutin Anda.  Konsumsi jamur enoki secara teratur juga berfungsi untuk meningkatkan proses metabolisme dan penyerapan nutrisi penting pada tubuh.

  • Meningkatkan pencernaan

Serat makanan yang ditemukan dalam jamur enoki membantu meningkatkan pencernaan, mengurangi sembelit dan mengatur pergerakan usus Anda. Jamur enoki merupakan sumber serat makanan rendah kalori yang sangat baik bagi Anda yang mencari cara mudah untuk menambahkan serat makanan yang lebih sehat ke dalam makanan.

  • Menyeimbangkan kadar gula

Serat makanan dalam jamur enoki juga membantu mengatur kadar glukosa darah dalam tubuh Anda. Hal ini berfungsi untuk mengurangi risiko diabetes tipe 2.

  • Meningkatkan perkembangan mental

Asam amino yang sehat dalam jamur enoki membantu meningkatkan perkembangan mental Anda. Hal ini juga membantu meningkatkan fungsi memori bagi orang dewasa dan orang tua.

  • Mengurangi peluang mengembangkan alergi

Mengkonsumsi jamur enoki secara teratur juga membantu Anda mencegah perkembangan alergi, serta penyakit lain seperti asma atau eksim.

  • Menurunkan kadar kolesterol tubuh

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa konsumsi jamur enoki dapat menurunkan kadar kolesterol, karena adanya serat makanan di dalamnya.

Anda dapat dengan mudah menemukan jamur enoki segar di supermarket, namun perlu Anda ingat untuk mencari jamur yang masih bertekstur yang keras dan kering, bukan berlendir atau lembek.

Read More

Makanan Pokok Di Indonesia Tidak Hanya Nasi

makanan pokok indonesia

Makanan pokok adalah makanan yang membentuk bagian utama dari diet penduduk di sebuah negara atau wilayah. Makanan pokok dikonsumsi secara teratur, bahkan setiap hari dan menjadi pembekalan sebagian besar tenaga dan keperluan makan seseorang. Makanan pokok setiap negara tentu saja berbeda, lalu bagaimana dengan makanan pokok Indonesia?

Makanan Indonesia mencerminkan budaya dan tradisi keanekaragaman negara itu sendiri. Secara umum, makanan Indonesia kaya akan rempah-rempah. Teknik dan bahan masakan asli Indonesia pun telah mendapat pengaruh dari perdagangan yang berasal dari tempat-tempat yang jauh seperti India, Cina, Timur Tengah, dan Eropa.

Indonesia merupakan produsen kopi terbesar ketiga di dunia (setelah Brasil dan Kolombia), dan produsen minyak kelapa sawit terbesar kedua (setelah Malaysia). Produksi beras di Indonesia meningkat selama tahun 1980-an dan 1990-an. Karena peningkatan teknik pertanian, Indonesia kini menanam hampir cukup beras untuk memenuhi permintaan negara. Sehingga nasi menjadi makanan pokok bagi sebagian besar orang Indonesia.

Nasi pun memegang tempat penting dalam budaya negara. Selain disajikan di sebagian besar makanan, nasi juga menggerakkan perekonomian di Indonesia. Pada umumnya, nasi seringkali disertai dengan beberapa lauk protein dan sayuran pada sebagian besar orang Indonesia. Namun, di bagian timur Indonesia, jagung, sagu, singkong, dan ubi jalar lebih umum dijadikan sebagai makanan pokok. Karena keberagaman budayanya, Indonesia memiliki beberapa makanan pokok, seperti:

  • Nasi

Nasi putih merupakan sumber energi yang baik untuk tubuh, sehingga kebanyakan negara di Asia juga menjadikan nasi sebagai makanan pokoknya. Dalam 200 gram nasi putih terdapat sekitar 250 kalori dan 53,2 gram. karbohidrat. Namun, dikarenakan nasi putih juga tinggi akan gula, tidak disarankan bagi penderita diabetes. Meskipun begitu, Anda dapat mengganti nasi putih dengan nasi yang lebih sehat, seperti nasi merah, nasi hitam dan juga nasi coklat.

  • Singkong

Singkong merupakan salah satu makanan padat nutrisi, sehingga menjadi sumber energi yang baik juga selain nasi. Pada 100 gram singkong terdapat 40 gram karbohidrat, 165 kalori dan 2 gram serat, gula, serta protein.

  • Sagu

Pada umumnya sagu dijadikan sebagai makanan pokok di bagian timur Indonesia. Sebut saja di Maluku, biasanya sagu diolah menjadi makanan bernama menjadi papeda dan disajikan bersama ikan kuah kuning serta sayur. Meskipun sagu tidak mengandung banyak nutrisi, sagu merupakan sumber energi yang baik bagi tubuh. Di dalamnya terdapat kandungan karbohidrat dan kalori yang tinggi, serta terdapat mineral seperti zat besi, kalium, dan kalsium.

  • Jagung

Jagung merupakan makanan pokok kebanyakan orang di daerah Jawa Timur. Tidak hanya karbohidrat, jagung juga kaya akan vitamin, mineral, dan serat. Dalam 160 gram jagung, terdapat 177 kalori dan 41 gram karbohidrat. Selain itu, jagung juga dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan vitamin C, vitamin B1, vitamin B9, serta magnesium dan kalium.

  • Ubi

Selain lebih sehat, ubi juga sama mengenyangkan seperti nasi. Ubi menjadi pilihan sumber energi yang baik yang juga kaya akan serat, vitamin A, vitamin C serta mineral mangan.

  • Pisang

Bukan hal yang aneh bahwa pisang menjadi salah satu makanan pokok di beberapa wilayah di Indonesia. Selain rasanya yang enak, pisang juga dapat diolah dalam berbagai macam cara. Pisang sendiri memiliki kalium atau disebut juga sebagai potasium, dalam jumlah yang banyak. Manfaat kalium antara lain menjaga keseimbangan cairan di tubuh, mengatur penyerapan dan pembuangan nutrisi di sel, membantu otot berkontraksi, termasuk otot jantung serta menstabilkan tekanan darah Anda.

Indonesia kaya akan budaya dan juga sumber pangan, sehingga Indonesia memiliki beberapa makanan pokok lain selain nasi. Masing-masing makanan pokok tersebut juga memiliki manfaat yang berbeda yang dapat Anda jadikan opsi sebagai makanan pokok sesuai dengan riwayat kesehatan Anda.

Read More

Layanan yang Disediakan Rumah Sakit Brawijaya

Rumah Sakit Sriwijaya adalah sebuah rumah sakit yang melayani kesehatan ibu dan anak. Rumah sakit ini mengusung konsep rumah sakit yang modern dan terintegritas. Dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan peralatan medis dan non medis, Rumah Sakit Sriwijaya memiliki pendukung radiologi dan rehabilitas medis serta fasilitas pendukung non medis lainnya seperti pelayanan pengasuh anak dan kafe.

Rumah Sakit Brawijaya pertama kali didirikan pada Desember 2011 yang terletak di tempat yang sangat strategis. Gedung CHUBB Square, Podium Thamrin Nine (UOB Plaza) Lantai B1, Jl. MH. Thamrin No. 10 Jakarta Pusat 10230 merupakan sebuah klinik pertama yang dibangun. Klinik Brawijaya di UOB Plaza menyediakan pemeriksaan kesehatan untuk orang dewasa di bidang Pemeriksaan Kesehatan korporat (MCU), kebidanan & kandungan, pediatri, gigi, kedokteran dalam, dokter umum, psikolog, ahli gizi, laboratorium dan farmasi. Dengan membangun klinik di kawasan perkantoran, sangat cocok  untuk melayani masalah kesehata untuk para pekerja dan warga Jakarta Pusat.

Selain di UOB Plaza, Rumah Sakit Brawijaya juga mendirikan beberapa cabang di Jakarta seperti Kemang, Antasari dan Duren Tiga. Tak hanya itu, Rumah Sakit Brawijaya juga terdapat di Depok dan Buah Batu Bandung. Rumah Sakit Brawijaya merupakan rumah sakit yang memberikan pelayanan kesehatan untuk wanita dan anak kelas satu. Rumah Sakit Brawijaya juga menawarkan berbagai perawatan kesehatan yang unggul dengan cara perawatan tradisional. Selain itu, Rumah Sakit Brawijaya pun hadir melayani pasien dan pengunjung dengan segala keramahan, didukung oleh tim ahli medis yang profesional dan berpengalaman serta peralatan medis yang canggih dan modern.

Layanan yang disediakan oleh Rumah Sakit Brawijaya antara lain;

  1. Women’s Health
  2. General Gynecology
  3. Gynecological Oncology
  4. Antenatal Care
  5. Family Planning
  6. Infertility
  7. Normal and Hi-risk Pregnancy
  8. Diagnostic & Therapeutic Laparoscopic Surgery
  9. Early Detection if Gynecological Cancer
  10. Gynecology Surgery
  11. Assessment of Menopausal Symptoms and Problems
  12. Colposcopy
  13. Ultrasound (3D/4D)
  • Children’s Health
  • NEONATOLOGY
  • DIAGNOSIS AND TREATMENT OF GENERAL HEALTH PROBLEMS SUCH AS INFECTION & ALLERGIC PROBLEM
  • BASIC & BOOSTER IMMUNIZATION
  • GROWTH DEVELOPMENT ASSESSMENT
  • ENDOKRIN
  • CHILDREN’S PSYCHOLOGY
  • CHILDREN’S SKIN CARE
  • CHILDREN’S DENTISTRY
  • Mom’s Journey
  • Layanan 24 jam
  • Unit Gawat Darurat khusus Ibu Hamil
  • Ruang Kamar Bersalin yang nyaman
  • Petugas Mom Journey yang selalu mengontrol tahapan kehamilan yang dilalui para Ibu
  • Homecare untuk perawatan Ibu pasca melahirkan dan bayi
  • Layanan Antar Jemput Ambulance 24 jam
  • Paket Melahirkan
  • Internal Medicine
  • Diabetes
  • High cholesterol
  • High blood pressure
  • Sinus infections
  • Allergies
  • Bone density screenings
  • Echocardiograms 
  • Holter monitoring (heart rhythm monitoring)
  • Stress test
  • Ultrasound
  • Immunizations
  • Surgery
  • Dental
  • Orthopedic & Sport Medicine
  • Psychology & Psychiatry
  • Neutrology
  • Ent Surgery
  • Women’s Beauty
  • Cardiology & Pulmonology
  • Physiotheraphy

Fasilitas yang tersedia di Rumah Sakit Brawijaya antara lain:

  • ICU, NICU, & PICU
  • Inpatient Rooms
  • Breast Feeding Room
  • Ambulance Service
  • Valet Service
  • Café
  • Gift Shop
  • Reservation Center
  • Pharmacy
  • Laboratory

Itulah layanan yang disediakan oleh rumah sakit Brawijaya. Semoga membantu.

Read More

Bagaimana Pemeriksaan Fisik Head to Toe Dilakukan?

Pemeriksaan fisik head to toe adalah sebuah tes rutin yang dilakukan oleh penyedia layanan kesehatan seperti dokter untuk melihat kondisi kesehatan seseorang dengan menyeluruh. Pemeriksaan fisik tersebut juga dikenal dengan sebutan pemeriksaan kesehatan, dan Anda tidak perlu menunggu sakit untuk meminta dilakukannya pemeriksaan ini. Pemeriksaan fisik ini merupakan waktu yang baik untuk bertanya, berkonsultasi, dan berdiskusi seputar gangguan, kekhawatiran, atau gejala apa saja yang Anda lihat mempengaruhi kesehatan Anda. Ada beberapa jenis tes yang dapat dilakukan saat dokter melakukan pemeriksaan fisik. Tergantung dengan usia, riwayat kesehatan Anda dan keluarga, dokter mungkin akan merekomendasikan pemeriksaan tambahan.

Tujuan dari pemeriksaan fisik head to toe adalah membantu dokter untuk menentukan status kesehatan Anda secara umum. Pemeriksaan ini juga memberikan kesempatan bagi Anda untuk membicarakan apapun seputar kondisi kesehatan, misalnya ada gejala atau tanda-tanda rasa sakit yang Anda khawatirkan. Pemeriksaan fisik ini direkomendasikan untuk dilakukan paling tidak satu tahun sekali, terutama bagi mereka yang berusia lebih dari 50 tahun. Pemeriksaan ini dilakukan untuk memeriksa kemungkinan adanya penyakit sehingga bisa dirawat lebih awal, mengidentifikasi adanya gangguan kesehatan yang mungkin akan menjadi kekhawatiran medis di kemudian hari, memperbarui imunisasi yang mungkin dibutuhkan, dan memastikan pasien menjaga diet yang sehat serta melakukan olahraga dengan teratur.

Pmeriksaan fisik tersebut juga merupakan cara yang baik untuk memeriksa kadar kolesterol, tekanan darah dan gula darah yang ada pada tubuh. Kadar kolesterol, gula darah, serta tekanan darah mungkin dapat meningkat tanpa adanya tanda-tanda yang mengkhawatirkan. Pemeriksaan fisik dengan teratur dapat merawat kondisi tersebut sebelum berubah menjadi penyakit yang lebih serius. Dokter juga dapat melakukan pemeriksaan fisik sebelum Anda melakukan operasi atau sebelum perawatan untuk mengobati penyakit Anda dimulai.

Melakukan pemeriksaan fisik

Sebelum Anda bertemu dengan dokter, perawat akan menanyakan beberapa jenis pertanyaan mengenai riwayat medis Anda, termasuk alergi, bekas operasi, atau gejala-gejala yang Anda miliki. Mereka mungkin juga akan bertanya seputar gaya hidup yang Anda miliki, misalnya saja apakah Anda rutin melakukan olahraga, atau apakah Anda mengonsumsi alkohol dan merokok. Kemudian, dokter akan memeriksa seluruh tubuh untuk melihat adanya tanda atau pertumbuhan yang tidak normal. Anda akan diminta untuk berbaring di atas tempat tidur sehingga dokter dapat memeriksa perut dan bagian-bagian tubuh lain. Saat melakukan hal ini, dokter akan memeriksa konsistensi, lokasi, ukuran, dan tekstur dari organ-organ tubuh. Dokter akan menggunakan stethoscope untuk mendengar bagian-bagian tubuh, misalnya saja mendengar paru-paru saat Anda mengambil napas dengan dalam serta mendengar bagian perut. Dokter kemudian akan menggunakan stethoscope untuk mendengar detak jantung untuk memastikan tidak adanya suara-suara yang tidak normal. Dokter kemudian akan memeriksa tinggi, berat badan, dan nadi. Pastikan Anda berkomunikasi dengan dokter apabila ada kekhawatiran selama pemeriksaan dilakukan. Setelah pemeriksaan fisik head to toe selesai dilakukan, Anda bisa melakukan aktivitas sehari-hari seperti biasanya. Dokter mungkin akan memberikan informasi lanjutan seputar kondisi kesehatan Anda lewat panggilan telepon ataupun email. Mereka juga akan memberikan salinan hasil pemeriksaan dan menjelaskannya. Dokter akan menunjukkan dan menjelaskan apabila ada gangguan kesehatan tertentu dan merekomendasikan hal apa saja yang perlu Anda lakukan. Tergantung dengan apa yang dokter temukan, mungkin Anda akan membutuhkan pemeriksaan atau tes kesehatan lanjutan. Apabila tidak ada gangguan kesehatan yang perlu diwaspadai, hal tersebut merupakan berita bagus dan Anda bisa melakukan pemeriksaan fisik head to toe lagi tahun depan.

Read More