Category Hidup Sehat

Makanan Penambah Trombosit Juga Dapat Dikonsumsi Sebagai Minuman

Trombosit adalah komponen darah vital yang membantu tubuh Anda membentuk gumpalan untuk menghentikan pendarahan jika terjadi cedera atau luka. Lalu berapakah jumlah normal trombosit di dalam tubuh yang harus Anda miliki? Apa yang harus Anda lakukan bila trombosit Anda rendah? Sekarang ada solusi di rumah yang dapat Anda lakukan, seperti makanan penambah trombosit.

Jumlah trombosit adalah proses pengukuran jumlah trombosit per mikroliter di dalam darah Anda. Jumlah trombosit darah normal berkisar antara 150.000 dan 450.000 trombosit per mikroliter darah. Jika Anda memiliki jumlah trombosit yang tinggi dari rata-rata, hal ini disebut sebagai trombositosis dan jumlah trombosit yang lebih rendah dari rata-rata disebut trombositopenia.

Kehilangan trombosit adalah masalah serius yang perlu Anda khawatirkan, karena menyebabkan kehilangan darah dari tubuh Anda. Oleh karena itu, Anda perlu segera meningkatkan jumlah trombosit Anda

Berikut adalah beberapa solusi rumahan sederhana, yang bisa dijadikan sebagai makanan atau minuman untuk penambah jumlah trombosit darah Anda:

  1. Pepaya serta daun pepaya

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Institut Sains dan Teknologi Asia, Malaysia pada tahun 2009, keduanya dibuktikan dapat membantu Anda dalam meningkatkan jumlah trombosit dalam tubuh. Anda dapat mengkonsumsi pepaya matang dan minum jus daunnya setiap hari hingga jumlah trombosit Anda kembali dalam jumlah normal. Selain itu, Anda juga bisa minum jus pepaya dan menambahkan sedikit jus lemon ke dalam jus Anda.

  1. Labu dan biji labu

Nutrisi dalam labu sangat membantu untuk menghasilkan protein secara efektif, yang sangat penting untuk memproduksi trombosit. Labu juga memiliki Vitamin A yang membantu produksi trombosit dalam tubuh Anda. Jadi, konsumsi labu dan bijinya secara rutin membantu Anda dalam meningkatkan jumlah trombosit.

  1. Jus lemon

Lemon memberi Anda vitamin C dalam jumlah yang banyak. Vitamin C dapat membantu meningkatkan jumlah trombosit Anda. Tidak hanya itu, Vitamin C juga meningkatkan kekebalan tubuh Anda yang juga sangat berguna untuk mencegah kerusakan radikal bebas pada trombosit.

  1. Buah bit dan akar bit

Akar bit juga dapat mencegah kerusakan radikal bebas trombosit Anda serta membantu meningkatkan jumlah trombosit. Karena itu, mengkonsumsi segelas jus akar bit dapat sangat membantu meningkatkan jumlah trombosit.

  1. Rumput gandum

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh International Journal of Universal Pharmacy dan Life Sciences menyatakan bahwa wheatgrass dapat bermanfaat dalam meningkatkan jumlah trombosit dalam darah Anda. Hal ini dapat terjadi karena, wheatgrass kaya akan klorofil, yang memiliki struktur molekul seperti molekul hemoglobin dalam tubuh kita. Anda dapat mengonsumsi setengah cangkir jus wheatgrass dengan sedikit jus lemon untuk meningkatkan efektivitasnya.

  1. Lidah buaya

Lidah buaya atau aloe vera membantu dalam proses pemurnian darah Anda. Selain itu, lidah buaya juga efektif dalam mencegah infeksi darah. Hal ini mengarah pada peningkatan jumlah trombosit darah Anda serta mengobati masalah trombosit rendah secara efektif.

  1. Bayam

Sayur bayam kaya akan vitamin K, yang membantu mencegah kehilangan darah akibat luka dan cedera. Selain itu, Anda dapat konsumsi jus bayam dengan campuran buah segar pilihan Anda setiap hari untuk meningkatkan jumlah trombosit darah Anda.

  1. Minyak wijen

Minyak wijen juga bermanfaat dalam meningkatkan jumlah trombosit Anda.  Minyak wijen memiliki sifat yang dapat meningkatkan kadar trombosit secara alami. Selain itu, minyak wijen dapat mengurangi kerusakan radikal bebas, peradangan dalam tubuh dan membantu meningkatkan sirkulasi darah Anda. Trombosit merupakan sel darah penting yang mencegah Anda kelebihan kehilangan darah dan melindungi dari penyakit yang dihasilkan.  Oleh karena itu, Anda harus menjaga jumlah trombosit darah, dengan mengkonsumsi makanan kaya vitamin sebagai penambah trombosit yang disebutkan di atas. Anda juga dapat langsung mengunjungi dokter, untuk mengetahui jumlah trombosit yang Anda miliki.

Read More

Ingin Pertahankan Gaya Hidup Sehat? Ini Kuncinya

gaya hidup sehat

Tidak peduli apapun tujuan Anda memilih gaya hidup sehat –menurunkan berat badan, menghilangkan stres dan sebagainya, mempertahankannya sama sekali bukanlah hal yang mudah. Penelitian  menunjukkan bahwa hanya belajar tentang nilai perubahan gaya hidup tidak cukup untuk membuat seseorang mempertahankan tujuan awal mereka. Lantas bagaimana caranya?

Hadiah untuk Diri Sendiri dan Pengaruhnya bagi Anda

Meskipun semakin banyak bukti tentang bagaimana sistem berbasis hadiah dapat membuat seseorang mau menerapkan gaya hidup sehat, kebanyakan cara itu tidak efektif. Studi-studi ini umumnya berfokus pada satu jenis hadiah. Memiliki pemahaman tentang kategori penghargaan lainnya dapat memberikan motivasi tambahan untuk mempertahankan perubahan yang Anda inginkan.

Ada dua jenis hadiah yang bisa Anda dapatkan: hedonia dan eudaimonia. Hedonia (H-rewards) termasuk kesenangan yang dangkal seperti penurunan berat badan, merasa tampil lebih baik, dan penerimaan oleh orang lain. Penghargaan ini lebih konkret dan sering berumur pendek.

Eudaimonia (E-rewards), di sisi lain, mengacu pada rasa makna dan tujuan yang berkontribusi terhadap kesejahteraan secara keseluruhan. Menghubungkan tujuan gaya hidup Anda ke E-rewards dapat membantu memotivasi Anda lebih baik lagi.

Apa Saja yang Bisa Menjadi E-Rewards?

Agar tetap termotivasi, tanyakan kepada diri Anda sendiri bagaimana Anda akan meningkatkan keinginan dan tujuan Anda. Ini bisa menjadi motivator yang kuat untuk mencapai tujuan Anda. Berikut ini adalah contoh dari orang-orang dengan E-reward yang kuat yang memotivasi setiap keputusan yang mereka ambil:

  • Seorang mahasiswa tingkat dua yang terobsesi dengan pizza dan bir mulai makan dan minum dengan sehat ketika dia menyadari bahwa karirnya di jurnalisme penyiaran menuntut penampilan tubuh yang bagus
  • Seseorang kakek yang rajin ke tempat fitnes agar terus sehat dan bisa berkumpul dengan cucu-cucunya

Itu hanya sebagian kecil dari orang-orang yang sukses menggunakan E-rewards yang ada untuk memotivasi diri mencapai tujuannya.

Konsep E-rewards dapat ditelusuri kembali ke pemikiran Aristoteles  yang percaya bahwa tingkat tertinggi dari kebaikan manusia bukanlah tentang memuaskan selera seseorang, tetapi tentang berusaha untuk mengekspresikan yang terbaik yang ada dalam diri kita. Ini hanya bisa benar-benar dicapai dengan realisasi diri, proses berkelanjutan yang terlihat berbeda untuk setiap orang, tergantung pada bakat dan disposisi uniknya.

Sebagaimana dikatakan oleh Aristoteles, tujuan utama yang terpenting dari semua manusia yang hidup adalah perasaan sejahtera. Ini  yang harus menjadi fokus utama jika kita ingin mencapai tujuan-tujuan yang terkait dengan kesehatan kita. Untuk benar-benar merasakan E-reward, Anda harus merasa berkembang dalam hidup. Dalam keadaan inilah, Anda cenderung termotivasi untuk mencapai tujuan termasuk mempertahankan gaya hidup sehat yang dijalani.

Kita cenderung berfokus pada H-rewards untuk memotivasi diri sendiri dalam mencapai sebuah. Tetapi E-rewards mungkin menawarkan fokus tambahan untuk mempertahankan motivasi Anda untuk perubahan gaya hidup yang Anda inginkan.

Read More