Category Hidup Sehat

9 Manfaat Telur Ikan bagi Kesehatan Tubuh yang Perlu Anda Tahu

9 Manfaat Telur Ikan bagi Kesehatan Tubuh yang Perlu Anda Tahu

Buat penggemar sushi, tentu saja Anda sudah familiar dengan telur ikan. Meskipun biasanya hanya dijadikan topping, tapi manfaat telur ikan bagi kesehatan ada banyak, lho. 

Telur ikan tidak hanya berasal dari ikan salmon, tetapi juga jenis ikan lainnya, seperti kakap, ikan mas, dan gurame. 

Selain dapat meringankan radang sendi, manfaat telur ikan bisa juga menjaga kesehatan mata.

Manfaat Telur Ikan bagi Kesehatan

Manfaat telur ikan ini tidak sekecil ukurannya. Berikut beberapa manfaat dan khasiat yang bisa didapat dari telur ikan.

  1. Sumber Protein

Telur ikan menjadi salah satu sumber protein untuk memenuhi kebutuhan protein harian tubuh. Protein telur ikan mengandung sembilan asam amino esensial yang lengkap. Dalam 28 gram telur ikan, terdapat 6 gram protein untuk tubuh. Ukuran ini sebanding dengan banyaknya protein dalam satu telur besar.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Ternyata dalam telur ikan terkandung senyawa DHA dan EPA. Senyawa ini mampu membantu perkembangan mata bayi. Selain itu juga bermanfaat untuk menjaga fungsi mata anak-anak dan orang dewasa.

  1. Bermanfaat untuk Kesehatan Otak

Asam lemak EPA, DHA, dan DPA yang terkandung di dalam telur ikan juga bermanfaat untuk kesehatan otak. Senyawa-senyawa tersebut bisa mencegah penurunan kognitif dan meningkatkan perbaikan sel otak.

  1. Kaya Omega-3

Telur ikan juga dikenal sebagai salah satu sumber asam lemak omega-3 yang bagus sekali untuk menjaga kesehatan jantung dan otak. Asam lemak omega-3 pada telur ikan bisa mengurangi risiko Anda terkena penyakit kronis. Omega-3 ini juga mencegah terbentuknya plak dalam pembuluh darah dan peradangan dalam tubuh, menurunkan tekanan darah, dan melebarkan pembuluh darah, menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida yang tinggi, mencegah pembentukan radikal bebas, hingga mendukung proses tumbuh kembang anak.

  1. Meringankan Radang Sendi

Telur ikan yang kaya akan asam lemak omega-3 bisa mengurangi gejala radang sendi. Peradangan sendi ini adalah gangguan autoimun yang biasanya akan membuat persedian Anda terasa sakit.

  1. Memiliki Vitamin B-12

Selain senyawa-senyawa yang sudah disebutkan di atas, telur ikan juga mengandung vitamin B12 yang menjadi salah satu nutrisi yang penting sekali untuk menjaga kesehatan saraf dan otak. Tidak hanya itu, vitamin B-12 juga berperan untuk metabolisme dan produksi energi tubuh.

  1. Mengandung Selenium

Telur ikan juga mengandung antioksidan selenium yang berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh serta organ tiroid. Tapi yang paling utama manfaat antioksidan selenium adalah untuk menangkal radikal bebas. Sumber radikal bebas ini bisa saja dari sinar UV, pestisida, polusi, dan lainnya. Radikal bebas ini berdampak buruk bagi tubuh seperti merusak kesehatan sel tubuh dan juga meningkatkan risiko penyakit kanker dan jantung. Jadi, konsumsilah telur ikan untuk mendapatkan asupan selenium untuk tubuh.

  1. Rendah Merkuri

Biasanya makanan laut mengandung tinggi merkuri. Nah, telur ikan ini bisa menjadi opsi makanan laut yang paling rendah merkuri untuk dikonsumsi dibanding bagian daging atau organ ikan yang lain.

  1. Kaya Vitamin D dan Mineral

Ada lagi nih, telur ikan juga mengandung vitamin D yang baik untuk kesehatan dan kekuatan tulang. Selain itu, manfaat telur ikan bisa didapat dari kandungan kalsium di dalamnya yang baik untuk kepadatan tulang. Ada juga mineral lain seperti zat besi dan magnesium. 

Ada banyak sekali manfaat telur ikan bagi kesehatan. Tentu akan rugi jika Anda menjauhinya hanya karena berbau amis. Jika Anda tidak suka bau amis pada telur ikan, bisa dihilangkan dengan melumuri telur ikan dengan air jeruk nipis dan garam dan diamkan selama 10 menit sebelum diolah.

Meskipun manfaat telur ikan ini banyak sekali, tetap saja mengkonsumsi sesuatu tidak boleh berlebihan. Hati-hati juga bagi mereka yang memiliki alergi terhadap makanan laut sebelum mengkonsumsi telur ikan ini.

Read More

Yuk, Buat Sendiri Hand Sanitizer untuk Bayi di Rumah

Di masa pandemi seperti sekarang, menjaga kebersihan tangan sangatlah penting terutama untuk bayi. Bayi belum memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat, sehingga rentan terkena penyakit.

hand sanitizer

Hand sanitizer untuk bayi menjadi alternatif pembersih tangan dalam keadaan darurat. Namun, tak semua jenis hand sanitizer aman digunakan untuk bayi. Beberapa kandungan di dalamnya dapat membahayakan bayi.

Jangan khawatir, Anda bisa membuat sendiri hand sanitizer untuk bayi di rumah. Bahan-bahannya pun cukup gampang lho, Bunda.

DIY membuat hand sanitizer yang aman untuk bayi

Sebenarnya bahan-bahan hand sanitizer untuk bayi sama seperti komposisi hand sanitizer pada umumnya. Bedanya, jika Anda membuatnya sendiri Anda bisa menyesuaikan kadar alkohol sehingga aman untuk bayi dan anak-anak.

Bahan yang dibutuhkan:

  • 2/3 cangkir alkohol isopropil
  • 1/3 cangkir gel lidah buaya
  • Minyak esensial seperti lavender, mawar, atau yang lainnya
  • Corong
  • Wadah kedap udara

Cara membuat:

  1. Campurkan alkohol dan lidah buaya, lalu aduk sampai merata.
  2. Tambahkan beberapa tetes minyak esensial, lalu aduk kembali.
  3. Setelah semua tercampur rata, tuang ke wadah kedap udara dengan corong. 
  4. Simpan hand sanitizer di tempat yang aman.

Alkohol berfungsi membunuh kuman dan bakteri, sementara lidah buaya berfungsi sebagai pelembab dan menghindari efek kulit kering akibat alkohol. 

Minyak esensial memberikan aroma pada hand sanitizer. Jika bayi dan anak Anda memiliki kulit sensitif, Anda bisa menambahkan minyak pembawa atau tidak menambahkan minyak esensial sama sekali.

Apakah alkohol pada hand sanitizer aman untuk bayi

Alkohol aman digunakan pada kulit bayi namun sesuai dengan dosis yang ditetapkan. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) merekomendasikan kandungan alkohol 60% dalam pembersih tangan yang ramah bayi dan anak-anak.

Penggunaan hand sanitizer untuk bayi yang benar

Penggunaan hand sanitizer untuk bayi dan anak-anak harus dibawah pengawasan orang tua. Alkohol,  lidah buaya, dan minyak esensial dapat menyebabkan efek samping ruam dan beracun ketika tidak sengaja tertelan.

Ketika anak Anda menggunakan hand sanitizer, gunakanlah dalam jumlah sedikit lalu oleskan ke seluruh permukaan tangan dan sela-sela jari. Gosok terus sampai tangan terasa kering. Butuh waktu sekitar 5 menit agar hand sanitizer bekerja efektif. 

Sebelum hand sanitizer benar-benar menyerap, hindari menyentuh makanan dengan tangan secara langsung. Hal ini akan menyebabkan keracunan. 

Alkohol isopropil dalam jumlah kecil dapat menyebabkan efek keracunan pada bayi dan anak-anak. Gejala keracunan alkohol pada anak meliputi:

  • Bicara menjadi cadel
  • Muntah
  • Efek sedasi atau kantuk
  • Kesulitan bernapas
  • Kejang
  • Pingsan
  • Dalam kasus yang parah bisa berakibat kematian

Catatan

Jika tidak dibuat dengan benar, DIY hand sanitizer untuk bayi mungkin akan lebih berbahaya dibandingkan dengan hand sanitizer yang dijual bebas. Terdapat beberapa laporan mengenai efek terbakar yang diakibatkan oleh hand sanitizer buatan rumahan. 

Jika Anda tetap berkeinginan untuk membuat hand sanitizer sendiri, pastikan untuk mencampurkan semua bahan dengan perbandingan komposisi yang pas. Kenakan wadah plastik dan alat yang bersih untuk mencegah kontaminasi. 

Namun, jika Anda berpikir untuk membeli hand sanitizer untuk bayi, carilah produk yang berlabel denaturasi. Hand sanitizer dengan wangi buah atau wangi menarik lainnya dapat memancing anak untuk mencicipi rasa dari cairan tersebut.    

Anda juga bisa memeriksa bahan pahit pada kandungan hand sanitizer seperti denatonium benzoate (Bitrex), sukrosa octaacetate, atau butanol. Bahan-bahan pahit tersebut menghasilkan wangi yang tidak menarik bagi anak-anak. 

Perlu diingat bahwa hand sanitizer tidak memiliki efektivitas yang sama dengan sabun dalam membunuh kuman. Akan lebih baik untuk mencuci tangan dengan sabun selama 20 detik dan membasuhnya dengan air mengalir. 

Read More

Intip Manfaat Anggur Hitam yang Baik untuk Kesehatan Anda

Intip Manfaat Anggur Hitam yang Baik untuk Kesehatan AndaAnggur Hitam Lebih Tinggi Antioksidan Dibanding Anggur Hijau

Anda penyuka buah anggur? Anggur jenis apa yang paling sering Anda konsumsi? Di antara jenis anggur merah atau hijau, manfaat anggur hitam tidak kalah baik untuk kesehatan Anda. Anggur hitam mengandung beragam jenis nutrisi yang baik untuk kesehatan, termasuk kandungan antioksidan yang berguna menjaga tubuh dari paparan radikal bebas. Informasi selengkapnya mengenai manfaat anggur hitam untuk kesehatan, dapat Anda simak di bawah ini.

  • Bermanfaat untuk kesehatan otak

Berdasarkan sebuah hasil penelitian, disebutkan bahwa mengonsumsi buah yang mengandung resveratrol dapat membantu memperbaiki suasana hati dan mencegah penurunan daya ingat pada usia lanjut. Manfaat anggur hitam untuk kesehatan otak berasal dari kandungan resveratrol tersebut. Di samping itu, terdapat juga kandungan riboflavin yang berguna meredakan gejala migrain. 

Sebagai catatan tambahan, berdasarkan hasil studi yang dilakukan pada hewan uji, disebutkan bahwa kandungan resveratrol tersebut dapat mencegah timbulnya penyakit Alzheimer pada tikus percobaan yang digunakan. Sayangnya memang, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut pada manusia untuk mendukung penelitian ini. 

  • Menjaga kesehatan jantung

Manfaat anggur hitam lainnya, yaitu dapat menyehatkan jantung. Masih dengan kandungan yang sama, resveratrol, senyawa tersebut mampu melancarkan aliran darah. Hal ini didukung oleh sebuah penelitian dari University of Michigan Cardiovascular Center yang menegaskan bahwa anggur hitam bermanfaat mencegah timbulnya kerusakan organ tubuh yang dipicu oleh sindrom metabolik.

Istilah sindrom metabolik ini mengacu pada kondisi, seperti kadar gula darah tinggi, adanya kelebihan lemak dalam tubuh, tekanan darah tinggi, yang dapat dialami oleh seseorang secara bersamaan. Tiga kondisi ini merupakan risiko dari penyakit jantung yang perlu dihindari.

Selain senyawa resveratrol, anggur hitam juga memiliki kandungan fitokimia yang dapat membantu mencegah kerusakan otot jantung dan juga menjaga keseimbangan kadar kolesterol dalam tubuh. Jika kondisi ini dapat dicegah, maka kondisi serangan jantung maupun penyakit kardiovaskular lain pun dapat dihindari.

  • Mengurangi risiko diabetes

Lagi-lagi masih karena senyawa resveratrol, manfaat anggur hitam lainnya yaitu mampu meningkatkan sensitivitas insulin. Kondisi ini berpengaruh terhadap meningkatnya kemampuan tubuh untuk mengolah gula darah menjadi energi, sehingga kadar gula darah akan menurun. Di samping itu, komponen resveratrol juga diyakini dapat meningkatkan reseptor gula darah pada membran sel yang mampu menjaga kadar gula darah tetap seimbang.

  • Meningkatkan kekuatan tulang

Selain resveratrol, anggur hitam juga memiliki kandungan kalsium dan vitamin D yang selama ini telah diyakini berguna untuk meningkatkan kesehatan dan kekuatan tulang. Manfaat anggur hitam ini juga ternyata didukung oleh kandungan resveratrol. 

Kemungkinan ini dikuatkan oleh penelitian menggunakan hewan uji yang memberikan hasil bahwa resveratrol berguna untuk meningkatkan kepadatan tulang. Meskipun begitu, masih tetap dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mendukung temuan ini.

  • Mengoptimalkan kesehatan mata

Jika Anda diminta untuk menyebutkan makan sehat apa yang mampu menjaga kesehatan mata, kemungkinan besar Anda akan menjawab wortel. Ternyata, anggur hitam juga bermanfaat untuk mengoptimalkan kesehatan mata. Manfaat anggur hitam ini didukung oleh kandungan lutein dan zeaxanthin yang termasuk dalam golongan karotenoid yang diyakini mampu menjaga kesehatan mata. 

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Free Radical Biology and Medicine, mengonsumsi buah anggur, termasuk anggur hitam dapat menjaga retina mata dari kerusakan oksidatif dan mengurangi risiko buta. 

Read More

Pentingnya Penggunaan Obat Rasional Bagi Kesehatan

Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda terhadap obat sehingga penggunaan obat rasional menjadi penting. Obat rasional adalah istilah untuk menjelaskan pemanfaatan obat sesuai fungsinya secara maksimal berdasarkan kebutuhan klinis dan dosisnya. Obat rasional menurut World Health Organization (WHO) sebaiknya diterapkan pada seluruh pasien di dunia. Pemberian obat disebut rasional jika sesuai dengan kondisi medis sehingga periode dan dosisnya disesuaikan serta pasien telah menyetujui pilihan pengobatan tersebut.

Indikator penggunaan obat rasional

Indikator tertentu menjadi pertimbangan dokter untuk memberikan takaran sehingga obat menjadi rasional. Untuk itu, sebaiknya Anda mengetahui indikator penggunaan obat rasional yang biasanya diterapkan oleh dokter. Terdapat beberapa indikator penggunaan obat rasional seperti berikut ini.

  • Sesuai dengan diagnosis penyakitnya

Indikator penggunaan obat rasional salah satunya adalah sesuai dengan diagnosis penyakitnya. Hal tersebut bertujuan agar pilihan obat yang diberikan merupakan yang terbaik dari segala sisi. Selain itu, pemberian obat sesuai diagnosis penyakit dapat membuat penyembuhan lebih cepat.

  • Durasi dan dosis pemberian obat

Durasi dan dosis pemberian obat juga harus disesuaikan sebagai salah satu indikator penggunaan obat rasional. Dosis obat akan diberikan setelah dilakukan perhitungan dosis sesuai dengan jenis penyakitnya sehingga tidak terjadi overdosis. Durasi pemberian obat juga harus disesuaikan sehingga tidak menyebabkan efek samping berlebihan.

  • Harga obat

Penting untuk selalu menanyakan harga obat yang diresepkan. Jika harga obat terlalu mahal dari tarif normal jenis obat tersebut, maka itu bisa menjadi obat yang tidak rasional. Anda juga bisa meminta obat generic terlebih dahulu jika memungkinkan, sebab harganya lebih murah dibandingkan obat nongeneric.

  • Sesuai dengan kondisi pasien

Penggunaan obat secara rasional ditinjau dari indikator kesesuaiannya dengan kondisi pasien. Pemberian obat akan berbeda tergantung kondisi tubuh, alergi yang dimiliki, dan usia tertentu. Obat tidak rasional apabila khusus dewasa namun diberikan pada anak-anak.

Contoh penggunaan obat tidak rasional

Meski telah ada indikator untuk penggunaan obat rasional, masih sering terjadi penggunaan obat yang tidak rasional. Terdapat beberapa contoh penggunaan obat tidak rasional untuk pasien.

  • Efek samping terlalu besar

Jika Anda mendapat obat dengan efek samping yang terlalu besar, berarti pemberian obat tersebut tidaklah aman. Jika manfaat obat tersebut sedikit saja, sehingga efek sampingnya malah lebih besar, berarti Anda menggunakan obat tidak rasional. Contohnya adalah penggunaan steroid anabolik guna menambah selera makan.

  • Terlalu banyak dan berlebihan

Jika obat yang diberikan terlalu banyak, maka hal tersebut merupakan penggunaan obat tidak rasional. Rekomendasi dari WHO untuk pemberian obat pada pasien hanya 2-3 jenis obat untuk satu jens penyakit. Contohnya pada kasus penderita infeksi pernapasan. Obat yang perlu diberikan cukup untuk mengatasi masalah utama. Ketika dokter memberi obat tambahan berupa antibiotik, vitamin, dan obat batuk, maka hal itulah yang disebut terlalu banyak. Selain itu, penggunaan berlebihan juga menejadi contoh penggunaan obat tidak rasional. Contohnya, Anda meminum pereda nyeri terlalu sering sebab berpikir dapat segera mengatasi rasa nyeri yang muncul. Hal ini dapat berefek buruk bagi tubuh dan menjadi tidak efektif.

  • Resep yang kurang tepat

Penggunaan obat tidak rasional dapat terjadi ketika resep yang diberikan kurang tepat. Pada kasus tertentu, obat yang diberikan tidak salah hanya kurang tepat saja. Misalnya seseorang mengalami diare dan baru berlangsung sebentar saja. Dokter sebaiknya menganjurkan untuk minum oralit terlebih dahulu. Ketika dokter langsung memberikan obat antidiare atau antimikroba, maka hal itu menjadi kurang tepat. Pemberian obat seharusnya bertahap sesuai keparahan penyakit serta memilih obat dengan efek samping paling sedikit terlebih dahulu. Selain itu, pasien juga dapat menggunakan obat tidak rasional karena kesalahan sendiri. Misalnya, menghentikan penggunaan antibiotik tanpa berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter sebab merasa sudah sembuh.

                Obat rasional sangat penting bagi kesehatan, sebab pemberian obat berlebihan tidak dapat membantu mempercepat penyembuhan suatu penyakit. Bahkan, pemberian obat secara tidak rasional dapat menimbulkan efek samping tertentu. Untuk itulah sebaiknya Anda memahami panduan penggunaan obat rasional. Konsultasikan pada dokter mengenai kondisi Anda secara rinci guna menghindari penggunaan obat berlebihan dan tidak rasional.

Read More

Berbagai Jenis Masker Timun dan Manfaatnya

Anda suka membuat masker alami sendiri di rumah? Cobalah menggunakan timun sebagai bahan masker. Manfaat masker timun sangat banyak, lho, bagi kulit wajah. Jenis masker menggunakan bahan timun juga bisa beragam. Anda bisa mengombinasikan timun dengan bahan alami lain untuk menghasilkan masker wajah. Berikut ini beberapa jenis masker timun serta manfaatnya bagi wajah. 

masker timun

Potongan timun untuk mata

Masker timun paling sederhana yaitu menggunakan potongan timun itu sendiri. Caranya mudah sekali. Cuci bersih timun kemudian potong tipis. Setelah itu, tempelkan di atas mata yang tertutup rapat. Diamkan selama 15 menit hingga 20 menit. Masker potongan timun ini bermanfaat untuk mengecilkan kantung mata dan mengurangi lingkaran hitam di bawah mata. Anda juga bisa menempelkan potongan timun di area wajah. Manfaatnya yaitu membuat kulit wajah menjadi segar kembali. 

Masker timun dan oatmeal

Masker timun dipadukan dengan oatmeal bisa membersikan dan menyegarkan wajah Anda. Manfaar masker timun dengan oatmeal yang utama adalah membantu mengatasi jerawat di wajah. Cara membuatnya yaitu campurkan ½ timun yang sudah diblender dengan 1 sendok makan oatmeal. Setelah itu, tambahkan 1 sendok madu dan aduk merata. Masker ini bisa dioleskan secara merata k wajah dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu, cuci dengan air hangat agar hasil maksimal. 

Masker timun dan yogurt

Masker timun dengan yogurt bisa jadi pilihan untuk dicoba. Masker ini cocok bagi Anda yang memiliki kulit cenderung kering. Cara membuatnya pun sederhana saja. Campurkan ½  timun yang sudah diblender dengan 1 sendok yogurt. Masker sebaiknya didiamkan 15 menit setelah dioleskan merata pada wajah. Setelah itu, bilas menggunakan air dingin. Manfaat masker timun dengan yogurt cukup banyak. Pertama, mengurangi peradangan dan pembengkakan pada kulit wajah. Kedua, mengurangi kemerahan karena iritasi pada wajah. Ketiga, melembapkan kulit wajah secara menyeluruh. Keempat, mengencangkan pori-pori. Wah, menarik bukan?

Masker timun dan air mawar

Masker timun dengan air mawar merupakan kombinasi yang spektakuler. Manfaat masker timun dengan air mawar di antaranya untuk membantu wajah melawan infeksi kulit serta mengembalikan warna alami kulit. Cara membuatnya yaitu dengan mencampurkan 1 buah timun yang sudah diblender dengan 2 sendok air mawar. Gunakan pada wajah dengan mendiamkan selama 15 menit. Untuk membilasnya, pakai air dingin agar pori-pori wajah tertutup.

Masker timun dan aloevera

Masker timun dengan aloevera bisa membantu menghambat proses penuaan dengan mengurangi keriput pada wajah. Selain itu, manfaat masker timun dan aloevera bisa membantu proses penyembuhan kulit yang terluka karena jerawat atau iritasi. Untuk membuatnya, Anda bisa mencampurkan ½ timun yang sudah diblender dengan dua sendok gel lidah buaya yang sudah halus. Aduk hingga rata dan aplikasikan ke wajah. Setelah 15 menit, bilas menggunakan air dingin.

Masker jus timun

Jika Anda tidak memiliki bahan alami lain untuk membuat masker, cukup gunakan timun saja. Anda bisa membuat masker jus timun. Blender 1 buah timun lalu saring untuk memisahkan airnya yang encer. Oleskan jus timun pada wajah, diamkan 15 menit, setelah itu bilas menggunakan air dingin. Masker jus timun ini dapat membantu kulit wajah menjadi lebih kencang.                 Manfaat masker timun bisa berbeda-beda tergantung bahan campurannya. Jadi, Anda bisa menyesuaikan pembuatan masker timun dengan kebutuhan kulit wajah Anda. Proses pembuatan setiap jenis masker timun cukup mudah serta membutuhkan waktu yang singkat. Untuk hasil maksimal, gunakan masker wajah setiap hari atau minimal tiga hari sekali. Selamat mencoba membuat masker timun

Read More

Minyak Esensial Pada Aroma Difusser Apa Manfaatnya?

Minyak esensial adalah ekstrak berbagai macam tumbuhan yang terkonsentrasi dan sering digunakan sebagai “bahan bakar” aroma difusser. Minyak esensial digunakan pada aromaterapi, salah satu bentuk pengobatan alternatif yang menggunakan ekstrak tanaman dan aroma diffuser untuk mendukung kesehatan fisik dan emosional seseorang. Banyak tanaman mengandung senyawa berpotensi memberikan manfaat. Namun, dalam banyak kasus, tidak ada cukup bukti yang mendukung penggunaan ekstrak tanaman tersebut untuk mengobati penyakit. Artikel ini akan membahas minyak esensial dengan lebih mendalam.

Apa itu minyak esensial?

Minyak esensial adalah ekstrak berbentuk cairan berbagai jenis tanaman yang dianggap bermanfaat bagi tubuh. Minyak esensial digunakan pada aroma difusser, dan umumnya memiliki aroma yang lebih kuat daripada tanaman asli. Minyak esensial juga memiliki bahan aktif dalam level yang lebih tinggi. Ini disebabkan karena jumlah tanaman yang digunakan untuk membuat minyak esensial sangat banyak. Ada beberapa cara produsen minyak esensial dalam membuat produk mereka, di antaranya adalah:

  • Uap atau distilasi air. Proses ini menggunakan air atau uap panas pada tanaman, untuk menarik senyawa esensial dari tubuh tanaman.
  • Cold pressing. Proses ini bekerja dengan cara menekan atau memeras tanaman agar tanaman tersebut melepaskan minyak esensial yang terkandung di dalamnya.

Setelah berhasil mengekstraksi senyawa aktif dari tanaman, produsen akan menambahkan minyak carrier, membuat minyak esensial tidak lagi murni.

Apakah minyak esensial efektif?

Minyak esensial biasanya digunakan dalam praktik aromaterapi, di mana minyak ini akan dihirup melalui beragam metode, salah satu yang paling umum adalah dengan menggunakan aroma difusser. Minyak esensial tidak boleh ditelan. Zat kimia yang terkandung di dalam minyak esensial dapat berinteraksi dengan tubuh dalam beberapa cara. Ketika dioleskan ke kulit, zat kimia tanaman akan diserap. Dipercaya metode pengolesan tertentu dapat meningkatkan daya serap, misalnya mengoleskannya dengan bantuan panas atau dioleskan ke bagian tubuh yang berbeda. Akan tetapi, penelitian mengenai hal ini masih sangat terbatas.

Menghirup minyak esensial dengan bantuan aroma difusser dapat menstimulasi daerah sistem limbic, yang mana merupakan bagian dari otak yang memerankan peran penting dalam emosi, perilaku, indra penciuman, dan ingatan jangka panjang. Sistem limbic juga terlibat dalam pembentukan ingatan. Inilah mengapa bau yang dikenal atau familiar dapat memicu ingatan dan emosi. Sistem limbic juga memainkan peran dalam mengatur fungsi psikologis alam bawah sadar, misalnya bernapas, detak jantung, dan tekanan darah. Itulah sebabnya beberapa orang mengklaim bahwa penggunaan minyak esensial pada aroma difusser dapat memberikan efek fisik pada tubuh. Namun, klaim tersebut masih harus dibuktikan dan dikonfirmasi oleh penelitian atau studi ilmiah.

Diperkirakan sekitar 45 persen dari orang-orang yang menderita gangguan kecemasan dan stres menggunakan terapi alternatif untuk meredakan gejala yang mereka miliki. Apabila kita membicarakan penggunaan minyak esensial dalam aroma difusser sebagai bentuk aromaterapi, studi awal mengenai hal ini menunjukkan hasil yang cukup positif. Banyak dari studi tersebut menunjukkan bahwa mencium aroma minyak esensial dapat dijadikan sebagai terapi tradisional untuk mengatasi kecemasan dan stres. Akan tetapi, karena kita membicarakan aroma dari senyawa tersebut, sulit untuk melakukan studi khusus dan menghindari bias. Sehingga, banyak tinjauan akan efek minyak esensial dalam meredakan kecemasan dan stres masih dianggap tidak dapat disimpulkan. Namun, selain menggunakan aroma difusser, apabila minyak esensial digunakan dalam sesi pijat, hal ini dapat membantu meredakan stres. Meskipun efek tersebut hanya akan bertahan pada saat sesi pijat berlangsung.

Read More

Catat! Ini Dia Cara Mencegah Kolesterol Tinggi Tanpa Repot

Cara mencegah kolesterol bisa dengan memperbanyak konsumsi sayur dan buah

Bagi Anda yang mulai khawatir mengidap penyakit kronis di kemudian hari, mungkin Anda sedang berusaha mencari solusi mengurangi risiko tersebut, seperti dengan menjalankan cara mencegah kolesterol tinggi. Kolesterol tinggi diketahui memiliki kaitan erat dengan gangguan kesehatan yang cukup serius, seperti penyakit jantung koroner, stroke, hipertensi, hingga arteri perifer. 

Kolesterol tinggi adalah kondisi kesehatan yang merujuk pada jumlah kolesterol dalam darah yang terlampau banyak, sehingga ia mengendap pada pembuluh darah dan menyebabkan aliran darah menjadi terhambat.

Seperti ungkapan, bahwa lebih baik mencegah daripada mengobati, cara mencegah kolesterol tinggi menjadi solusi terbaik yang dapat Anda pilih. Informasi selengkapnya dapat Anda simak di bawah ini.

Cara mencegah kolesterol tinggi tanpa repot

Pada dasarnya, cara mencegah kolesterol tinggi adalah dengan memperbaiki pola hidup, termasuk di dalamnya mengatur asupan dan berolahraga. Menurut CDC atau Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC) Amerika Serikat, ada beberapa cara mencegah kolesterol yang menjadi rekomendasi, yaitu:

  •  Menjaga asupan makanan

Pola makan sehat menjadi kunci Anda dalam upaya mencegah kolesterol tinggi. Pasalnya, segala sesuatu yang Anda konsumsi dapat memengaruhi fungsi organ dalam tubuh. Cara mencegah kolesterol tinggi dapat Anda mulai dengan membatasi konsumsi makanan lemak jenuh dan lemak trans, seperti keju, gorengan, daging berlemak, junk food, mie instan, dan minyak sawit. 

Di samping itu, Anda juga perlu untuk mengurangi konsumsi gula dan garam tambahan. Sebagai alternatif, perbanyaklah mengonsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian, daging tanpa lemak, makanan laut, susu dan produk olahan susu yang bersifat bebas lemak. 

Anda juga perlu untuk mengonsumsi makanan tinggi serat dan lemak tak jenuh, yang terkandung dalam oatmeal, kacang-kacangan, alpukat, dan minyak zaitun. Rekomendasi makanan tersebut berguna dalam membantu tubuh untuk mengontrol kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida, dan meningkatkan kolesterol baik (HDL).

  • Menjaga berat badan ideal

Anda mungkin sering mendengar bahwa kondisi berat badan berlebih dan obesitas dapat meningkatkan risiko terkena kolesterol jahat. Kondisi ini berkaitan erat dengan risiko terkena penyakit jantung dan stroke. 

Lakukanlah perhitungan indeks massa tubuh secara rutin agar Anda dapat mengontrol berat badan dengan optimal. Jika memang berat badan Anda berlebih, maka lakukanlah olahraga atau diet sehat yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda. Berkonsultasi dengan dokter juga akan sangat membantu Anda dalam memilih gaya hidup yang lebih sehat.

  • Hindari konsumsi alkohol berlebih

Mengonsumsi alkohol dalam jumlah yang berlebih dapat berujung pada meningkatnya kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah. Kondisi ini berisiko menyebabkan penyakit stroke, gagal jantung, dan hipertensi. 

Aturan minum alkohol yang diperbolehkan, yaitu bagi pria tidak boleh melebihi dua gelas setiap hari dan wanita tidak boleh melebihi satu gelas. 

  • Menghentikan kebiasaan merokok

Salah satu cara mencegah kolesterol tinggi yang juga sering direkomendasikan oleh para ahli, yaitu dengan menghentikan kebiasaan merokok. Bukan tanpa sebab, merokok sering kali dikaitkan dengan penyakit kronis tertentu.

Kebiasaan merokok dapat menyebabkan rusaknya pembuluh darah, mempercepat penumpukan plak dalam arteri, dan meningkatkan risiko penyakit jantung. 

Sebagai alternatif, Anda dapat mencari kegiatan lain untuk tetap membuat mulut Anda sibuk, seperti mengunyah permen karet, makan kuaci, atau mengonsumsi wortel.

  • Aktif secara fisik

Bukan merupakan hal yang baru, aktif secara fisik dapat menjadi cara mencegah kolesterol tinggi yang efektif. Lakukanlah latihan fisik secara rutin selama 30-6- menit setiap harinya atau sekitar 150 jam per minggu dengan melakukan kegiatan olahraga, seperti jogging, lari, naik turun tangga, atau berenang.

Read More

Kekurangan Darah Saat Hamil, Coba Diet Untuk Anemia Ini

Anemia dapat didefinisikan sebagai jumlah sel darah merah yang rendah. Pada kondisi ini hemoglobin atau hematokrit yang rendah. Jika Anda mengalami anemia, umumnya akan menimbulkan gejala kelelahan, pusing, sakit kepala atau nyeri, sesak napas, tangan dan kaki dingin, hingga adanya masalah pertumbuhan pada anak-anak dan remaja.

Lalu bagimana jika anemia terjadi pada saat kehamilan, apa yang harus dilakukan? selama masa kehamilan, jantung bekerja lebih keras karena memberikan nutrisi yang cukup untuk janin. Selain itu, tubuh meningkatkan volume darah sebanyak 30-50%. Nah, peningkatan volume darah tersebut ibu hamil pun harus meningkatkan asupan asam folat dan zat besi.

diet anemia

Terlebih lagi jika Anda mengandung anak kembar, maka memiliki risiko lebih besar terkena anemia pada saat kehamilan. Untuk mengurangi risiko tersebut ibu hamil harus melakukan diet untuk anemia dengan cara mengonsumsi makanan kaya zat besi dan suplemen.

Diet untuk anemia selama kehamilan

Meskipun semua protein hewani mengandung zat besi, akan tetapi banyak pilihan lain yang bisa digunakan saat diet untuk anemia pada ibu hamil. Berikut beberapa asupan yang kaya akan zat besi dan baik bagi ibu hamil.

  • Daging sapi tanpa lemak

Daging merah merupakan sumber zat besi terbaik untuk ibu hamil. Misalnya saja, satu porsi (3 ons) daging sapi sirloin mengandung sekitar 1,5mg zat besi. Namun, Anda harus memasaknya secara matang, tidak boleh setengah matang ataupun mentah. Pasalnya, mengonsumsi daging mentah atau kurang matang sangat tidak dianjurkan bagi ibu hamil karena berisiko terkontaminasi bakteri.

  • Ayam

Selain daging merah, ayam pun menjadi salah satu pilihan diet untuk anemia pada ibu hamil. Ayam termasuk panganan yang aman dikonsumsi selama kehamilan. Sama halnya seperti daging, Anda pun harus memasaknya secara matang untuk menghindari adanya bakteri berbahaya, seperti listeria.

  • Salmon

Salmon termasuk jenis ikan yang kaya akan zat besi. Lagi-lagi, salmon akan aman dikonsumsi ibu hamil jika dimasak dengan matang. Selain kaya zat besi dan baik selama diet untuk anemia, salmon pun kaya asam lemak omega 3 dan nutrisi lain yang baik bagi kehamilan.

Selain itu, ikan salmon pun lebih rendah merkuri dibandingkan dengan jenis ikan laut lainnya, seperti tuna. Jenis ikan lain yang aman untuk ibu hamil dan mengandung zat besi antara lain, ikan lele, sarden, kerang, dan udang.

Selain daging dan ikan-ikanan, sayuran pun mengandung zat besi yang dibutuhkan selama kehamilan. Misalnya seperti bayam, kangkung, dan brokolo. Bayam dan kangkung kaya akan antioksidan, vitamin dan zat besi. Sedangkan brokoli menganung banyak nutrisi dan manfaat untuk kehamilan, seperti vitamin C yang membantu penyerapan zat besi.

Haruskah ibu hamil mengonsumsi suplemen zat besi?

Seperti yang telah dijelaskan di awal, jika ibu hamil memerlukan berkali-kali lippat zat besi untuk kebutuhan ibu dan bayi, serta menghindari risiko anemia pada kehamilan. Oleh karena itu, jika mengonsumsi vitamin atau suplemen zat besi dapat menghindari anemia, maka diperbolehkan.

Dengan begitu, ibu hamil bisa mendapatkan zat besi yang cukup untuk mendukung kehamilan yang sehat. Akan tetapi, Anda pun tetap harus mengonsultasikan apda dokter Anda perihal suplemen zat besi tersebut.

Karena, kadar zat besi yang terlalu tinggi selama kehamilan pun tidak baik. Kondisi tersebut bisa meningkatkan risiko bayi prematur, diabetes gestational dan tekanan darah tinggi. Dan, dalam jangka waktu yang panjang, zat besi yang terlalu tinggi dalam tubuh dapat merusak ginjal.

Beberapa gejala yang muncul jika Anda kelebihan zat besi antara lain, diare dan sakit perut yang tajam, muntah darah, pernapasan cepat, tangan pucat dan lembab serta kelemahan dan kelelahan. Jika beberapa kondisi tersebut terjadi maka Anda perlu menghentikan diet untuk anemia tadi. Diet untuk anemia adalah program yang baik bagi penderita anemia, termasuk pada ibu hamil. Jadi ada baiknya untuk terus mengonsumsi makanan kaya zat besi untuk tetap mencukupi kebutuhan tersebut.

Read More

Pikir Ulang Sebelum Mengenakan, Ini Dampak Buruk Pakaian Ketat bagi Kesehatan

Apakah Anda termasuk salah satu orang yang kerap kali mengenakan pakaian ketat? Memang, siapa saja dapat mengenakan apa pun yang diinginkan, termasuk mengenakan pakaian ketat.

Namun, tanpa Anda sadari, pakaian ketat, baik itu pakaian dalam, dasi, kaus, atau celana, yang dikenakan dalam jangka waktu yang panjang, dapat menimbulkan rasa tidak nyaman. Selain itu, pakaian ketat juga dapat memicu berbagai gangguan kesehatan. Tidak percaya? Simak faktanya berikut ini.

Dampak buruk kenakan pakaian ketat bagi kesehatan

Informasi berikut mencakup kemungkinan atau risiko kesehatan yang mungkin Anda alami, jika terus menerus mengenakan pakaian ketat.

  • Memicu jamur dan infeksi saluran kemih

Khususnya ketika mengenakan celana dalam yang terlalu ketat, kondisi ini dapat memicu tumbuhnya jamur dan infeksi di sekitar area kemaluan. Penggunaan celana dalam yang ketat dapat meningkatkan temperatur dan kelembapan di sekitar area kemaluan. Maka dari itu, pertumbuhan organisme, seperti bakteri dan jamur, dapat tumbuh subur.

  • Risiko mengalami gangguan saraf

Penggunaan pakaian ketat, khususnya korset dan stoking dapat meningkatkan risiko gangguan saraf di sekitar area paha atas atau pada bagian bawah perut. Meralgia parasthetica, merupakan salah satu gangguan saraf yang umumnya terjadi di sekitar area paha. Kondisi ini dapat menyebabkan paha terasa nyeri ketika disentuh dan sensasi seperti terbakar.

  • GERD (gastroesophageal reflux disease)

Pakaian ketat yang dikenakan pada area perut, seperti ikat pinggang, celana, bahkan kemeja, dapat meningkatkan risiko timbulnya penyakit GERD. Umumnya, GERD akan muncul setelah orang tersebut makan dalam jumlah yang cukup banyak. Pakaian ketat memberikan tekanan ekstra di sekitar area perut hingga menekan lambung.

Lambung yang tertekan dapat memicu asam lambung naik ke kerongkongan. GERD itu sendiri merujuk pada kondisi ketika asam lambung naik kembali ke kerongkongan. Gejala umumnya ditandai dengan adanya sensasi terbakar pada area dada.

  • Risiko gangguan aliran darah

Penggunaan pakaian ketat, terutama stoking atau celana, dapat menghambat aliran darah di sekitar area paha. Pasalnya, otot di sekitar area tersebut mendapatkan tekanan secara berlebihan, sehingga aliran darah menjadi tersumbat. Akhirnya, kondisi ini memicu mati rasa di sekitar area paha.

Tidak hanya di area paha, aliran darah di sekitar leher juga dapat tersumbat akibat pemakaian dasi yang kekat. Dalam jangka panjang, kondisi ini bahkan memicu komplikasi kesehatan lain, seperti penyakit stroke.

  • Menimbulkan rasa pegal

Terutama ketika mengenakan pakaian dalam, seperti bra atau beha, otot di sekitar punggung rawan mengalami rasa nyeri. Di samping itu, bra yang terlalu ketat juga dapat memperburuk postur tubuh menjadi lebih bungkuk.

Sementara itu, tali bra yang diikat terlalu ketat juga dapat meninggalkan bekas garis lekukan pada bahu dan lingkaran bawah payudara. Dalam kasus tertentu, tali bra ini dapat menyebabkan iritasi kulit.

  • Mengganggu kesuburan

Dikatakan bahwa seorang laki-laki yang mengenakan celana ketat berisiko memiliki jumlah sperma yang lebih sedikit. Walaupun begitu, asumsi ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa pernyataan tersebut sepenuhnya salah. Pasalnya, testis memiliki sifat yang sensitif terhadap temperatur. Penggunaan celana ketat ini dapat meningkatkan temperatur, sehingga mampu mengganggu proses produksi sperma.

Read More

Mengenal Manfaat Katekin yang Luar Biasa

Anda pastinya sudah tidak asing dengan istilah antioksidan. Zat nutrisi yang satu ini kerap disebut-sebut sebagai dewa pengobatan karena segudang manfaatnya, mulai dari mencegah radang sampai mencegah sel kanker untuk berkembang. Namun, apakah sudah tahu bahwa di dalam zat antioksidan sendiri adalah bagian yang disebut katekin? Manfaat katekin pun tidak kalah luar biasanya dari fungsi antioksidan secara keseluruhan.

Katekin merupakan bagian dari antioksidan yang masuk dalam golongan polifenol. Bagian antioksidan yang satu ini umum ditemukan pada daun teh, khususnya the hijau. Mengenai manfaat katekin, berbagai penelitian telah banyak merangkumnya. Manfaat katekin yang dinilai hebat pun pada akhirnya membuat pengembangan zat ini terus digiatkan dalam berbagai makanan nabati.

Berikut ini adalah beberapa manfaat katekin yang hebat tersebut. Jangan kaget jika banyak manfaat dari bagian zat ini yang sama dengan antioksidan. Maklum saja, katekin memang bagian dalam zat antioksidan itu sendiri, bukan?

  1. Efektif Bakar Lemak

Tahu tidak alasan teh hijau kerap disebut obat diet yang mujarab? Ini karena ada kandungan kanekin yang cukup tinggi di dalamnya. Zat yang merupakan bagian dari antioksidan ini mampu membakar 4 persen dari jumlah kalori yang Anda serap sebelumnya. Kanekin juga mampu meningkatkan oksidasi lemak sampai 17 persen. Jadi bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, menyantap makanan mengandung kanekin tinggi merupakan pilihan yang bijak.

  • Tingkatkan Fungsi Otak

Manfaat katekin akan sangat berguna bagi otak Anda. Ketika mengonsumsi makanan atau minuman katekin, otak Anda akan lebih terstimulasi sehingga fungsinya pun menjadi baik. Katekin bahkan menjadi pilihan yang cocok untuk mencegah penuaan otak yang berujung pada kepikunan. Tentunya untuk merasakan manfaat katekin yang satu ini, Anda mesti teratur mengonsumsinya dari hari ke hari.

  • Pulihkan Peradangan

Peradangan pada bagian tubuh manapun tidak boleh diremehkan. Jika dibiarkan, bisa-bisa peradangan tersebut akan semakin parah dan membuat kerja otot dan saraf yang ada di sekitar bagian tubuh tersebut menjadi terganggu. Sama seperti antioksidan, katekin sangat bagus untuk meredakan peradangan. Bahkan ketika mengalami cedera, Anda akan lebih cepat pulih dengan megonsumsi makanan dan minuman yang mengandung katekin.

  • Meredakan Hipertensi

Teh hijau dinilai ampuh membuat tekanan darah menurun karena dianggap mampu mereduksi tingkat stres. Lebih daripada itu, kemampuan teh hijau menurunkan tekanan darah tinggi karena ada zat katekin di dalamnya. Jadi bagi penderita hipertensi, cobalah rutin mengonsumsi tidak hanya teh hijau, tetapi berbagai jenis makanan dan minuman dengan kandungan katekin tinggi, guna bisa meredakan tekanan darah tinggi Anda.

  • Mencegah Serangan Jantung

Manfaat katekin yang luar biasa lainnya adalah mampu mengurangi penumpukan plak di pembuluh darah. Penumpukan plak sendiri kerap menjadi penyebab utama serangan jantung koroner. Karena itu jika jumlah plak dalam pembuluh darah bisa dikurangi, risiko serangan jantung koroner juga bisa diminimalkan.

  • Menurunkan Kolesterol

Kolesterol kerap dikaitkan sebagai sumber berbagai penyakit kronis. Namun, Anda tidak perlu pusing lagi memikirkan cara menurunkan kolesterol apabila Anda rutin mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung katekin. Menurut sebuah penelitian, nyatanya katekin bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh sampai 4,5 persen. Kesehatan Anda pun akan lebih terjamin dengan kadar kolesterol yang terjaga.

Dari berbagai manfaat katekin di atas, kira-kira apa yang paling Anda butuhkan? Yuk, mulai sekarang rajin mengonsumsi teh hijau dan makanan nabati lainnya yang memiliki kandungan katekin tinggi untuk bisa merasakan fungsi baiknya bagi kesehatan.

Read More