Intip Manfaat Anggur Hitam yang Baik untuk Kesehatan Anda

Intip Manfaat Anggur Hitam yang Baik untuk Kesehatan AndaAnggur Hitam Lebih Tinggi Antioksidan Dibanding Anggur Hijau

Anda penyuka buah anggur? Anggur jenis apa yang paling sering Anda konsumsi? Di antara jenis anggur merah atau hijau, manfaat anggur hitam tidak kalah baik untuk kesehatan Anda. Anggur hitam mengandung beragam jenis nutrisi yang baik untuk kesehatan, termasuk kandungan antioksidan yang berguna menjaga tubuh dari paparan radikal bebas. Informasi selengkapnya mengenai manfaat anggur hitam untuk kesehatan, dapat Anda simak di bawah ini.

  • Bermanfaat untuk kesehatan otak

Berdasarkan sebuah hasil penelitian, disebutkan bahwa mengonsumsi buah yang mengandung resveratrol dapat membantu memperbaiki suasana hati dan mencegah penurunan daya ingat pada usia lanjut. Manfaat anggur hitam untuk kesehatan otak berasal dari kandungan resveratrol tersebut. Di samping itu, terdapat juga kandungan riboflavin yang berguna meredakan gejala migrain. 

Sebagai catatan tambahan, berdasarkan hasil studi yang dilakukan pada hewan uji, disebutkan bahwa kandungan resveratrol tersebut dapat mencegah timbulnya penyakit Alzheimer pada tikus percobaan yang digunakan. Sayangnya memang, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut pada manusia untuk mendukung penelitian ini. 

  • Menjaga kesehatan jantung

Manfaat anggur hitam lainnya, yaitu dapat menyehatkan jantung. Masih dengan kandungan yang sama, resveratrol, senyawa tersebut mampu melancarkan aliran darah. Hal ini didukung oleh sebuah penelitian dari University of Michigan Cardiovascular Center yang menegaskan bahwa anggur hitam bermanfaat mencegah timbulnya kerusakan organ tubuh yang dipicu oleh sindrom metabolik.

Istilah sindrom metabolik ini mengacu pada kondisi, seperti kadar gula darah tinggi, adanya kelebihan lemak dalam tubuh, tekanan darah tinggi, yang dapat dialami oleh seseorang secara bersamaan. Tiga kondisi ini merupakan risiko dari penyakit jantung yang perlu dihindari.

Selain senyawa resveratrol, anggur hitam juga memiliki kandungan fitokimia yang dapat membantu mencegah kerusakan otot jantung dan juga menjaga keseimbangan kadar kolesterol dalam tubuh. Jika kondisi ini dapat dicegah, maka kondisi serangan jantung maupun penyakit kardiovaskular lain pun dapat dihindari.

  • Mengurangi risiko diabetes

Lagi-lagi masih karena senyawa resveratrol, manfaat anggur hitam lainnya yaitu mampu meningkatkan sensitivitas insulin. Kondisi ini berpengaruh terhadap meningkatnya kemampuan tubuh untuk mengolah gula darah menjadi energi, sehingga kadar gula darah akan menurun. Di samping itu, komponen resveratrol juga diyakini dapat meningkatkan reseptor gula darah pada membran sel yang mampu menjaga kadar gula darah tetap seimbang.

  • Meningkatkan kekuatan tulang

Selain resveratrol, anggur hitam juga memiliki kandungan kalsium dan vitamin D yang selama ini telah diyakini berguna untuk meningkatkan kesehatan dan kekuatan tulang. Manfaat anggur hitam ini juga ternyata didukung oleh kandungan resveratrol. 

Kemungkinan ini dikuatkan oleh penelitian menggunakan hewan uji yang memberikan hasil bahwa resveratrol berguna untuk meningkatkan kepadatan tulang. Meskipun begitu, masih tetap dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mendukung temuan ini.

  • Mengoptimalkan kesehatan mata

Jika Anda diminta untuk menyebutkan makan sehat apa yang mampu menjaga kesehatan mata, kemungkinan besar Anda akan menjawab wortel. Ternyata, anggur hitam juga bermanfaat untuk mengoptimalkan kesehatan mata. Manfaat anggur hitam ini didukung oleh kandungan lutein dan zeaxanthin yang termasuk dalam golongan karotenoid yang diyakini mampu menjaga kesehatan mata. 

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Free Radical Biology and Medicine, mengonsumsi buah anggur, termasuk anggur hitam dapat menjaga retina mata dari kerusakan oksidatif dan mengurangi risiko buta. 

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>