Jenis Alergi Lingkungan yang Perlu Diketahui

ejala alergi lingkungan berbeda-beda dari satu orang ke orang lain

Alergi lingkungan adalah sebuah respon kekebalan tubuh terhadap sesuatu yang ada di sekitar Anda yang biasanya tidak berbahaya bagi kebanyak orang. Gejala alergi lingkungan berbeda-beda dari satu orang ke orang lain, namun umumnya terdiri dari bersin, batuk, dan kelelahan. Alergi lingkungan berbeda dengan alergi makanan karena alergi jenis ini bukan sebuah reaksi terhadap sesuatu yang dikonsumsi. Alih-laih, alergi lingkungan merupakan respon atas alergen pemicu yang Anda hirup atau berhubungan kontak secara langsung pada saat melakukan aktivitas sehari-hari. 

Gejala  dan jenis alergi lingkungan

Gejala alergi lingkungan yang Anda rasakan mirip dengan gejala pada saat Anda sakit demam, namun penyebabnya berbeda. Virus dapat menyebabkan demam, sementara itu alergi merupakan reaksi sistem kekebalan tubuh sebagai respon terhadap zat-zat tertentu yang ada di sekitar Anda. Beberapa gejala alergi lingkungan di antaranya adalah bersin, hidung meler, sesak napas, gatal-gatal, sakit kepala, mengi, dan kelelahan. Apabila Anda adalah seorang penderita asma, gejala yang dirasakan dapat lebih parah dan bahkan mengancam nyawa. Selain itu, apabila Anda memiliki alergi musiman, gejala yang dirasakan dapat menjadi buruk pada waktu-waktu tertentu. 

Alergen adalah apapun yang dapat membuat sistem kekebalan tubuh memicu reaksi alergi. Mengetahui alergen Anda merupakan langkah pertama penting sebelum membuat rencana perawatan. Adapun beberapa alergen alergi lingkungan yang umum dijumpai di antaranya adalah:

  • Tungau debu

Tungau debu merupakan salah satu alergen alergi dalam ruang yang paling sering dijumpai. Tungau debu ini adalah serangga mikroskopik yang biasa hidup di furniture dan kasur di rumah Anda. Apabila Anda memiliki alergi tungau debu, gejala Anda akan bertambah lebih parah terutama di musim-musim semi atau panas. Ini dikarenakan tungau debu lebih suka hidup di lingkungan yang hangat dan lembap. 

  • Serbuk sari

Serbuk sari merupakan alergen alergi lingkungan lain yang umum dijumpai. Apabila Anda alergi terhadap serbuk sari, gejala seperti mata berair, tenggorokan gatal, dan bersin-bersin dapat berubah menjadi lebih parah terutama pada musim-musim di mana produksi serbuk sari meningkat. 

  • Bulu hewan peliharaan

Bulu dan air liur hewan peliharaan merupakan salah satu alergen yang umum dijumpai. Beberapa gejala alergi hewan peliharaan di antaranya adalah bersin-bersin, gatal-gatal, batuk, dan bintik-bintik. Anda bisa menderita gejala tersebut apabila Anda sedang berada di sekitar hewan. Anda juga bisa menderita gejala alergi hewan apabila berdekatan dengan orang-orang yang memiliki bulu hewan di pakaian mereka. 

  • Jamur

Spora jamur dapat menyebabkan reaksi alergi ringan hingga parah apabila Anda memiliki alergi jamur. Beberapa gejala alergi jamur di antaranya adalah batuk, kesulitan bernapas, bersin, dan kulit gatal. Jamur dapat hidup di lingkungan yang lembap, sehingga gejala yang dirasakan dapat bertambah parah pada bulan dengan cuaca lembap. Jamur biasanya dapat ditemukan di gudang atau kamar mandi. 

  • Asap rokok

Asap rokok telah ditemukan dapat mengiritasi dan memperburuk gejala alergi pada beberapa orang. Hindari merokok atau paparan asap rokok terutama apabila Anda memiliki alergi jenis ini. 

Apabila Anda merasa memiliki alergi lingkungan, hubungi dokter ahli alergi. Mereka akan bertanya seputar gejala dan riwayat medis Anda dan keluarga. Menggunakan informasi tersebut dan hasil dari pemeriksaan alergi, mereka dapat mengidentifikasi alergen tertentu yang menyebabkan gejala yang dirasakan. Setelah dokter dapat mengidentifikasi alergen Anda, mereka dapat merekomendasikan pilihan obat-obatan dan perawatan yang cocok untuk kondisi Anda.

Tags:  

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>