Makanan Pokok Di Indonesia Tidak Hanya Nasi

makanan pokok indonesia

Makanan pokok adalah makanan yang membentuk bagian utama dari diet penduduk di sebuah negara atau wilayah. Makanan pokok dikonsumsi secara teratur, bahkan setiap hari dan menjadi pembekalan sebagian besar tenaga dan keperluan makan seseorang. Makanan pokok setiap negara tentu saja berbeda, lalu bagaimana dengan makanan pokok Indonesia?

Makanan Indonesia mencerminkan budaya dan tradisi keanekaragaman negara itu sendiri. Secara umum, makanan Indonesia kaya akan rempah-rempah. Teknik dan bahan masakan asli Indonesia pun telah mendapat pengaruh dari perdagangan yang berasal dari tempat-tempat yang jauh seperti India, Cina, Timur Tengah, dan Eropa.

Indonesia merupakan produsen kopi terbesar ketiga di dunia (setelah Brasil dan Kolombia), dan produsen minyak kelapa sawit terbesar kedua (setelah Malaysia). Produksi beras di Indonesia meningkat selama tahun 1980-an dan 1990-an. Karena peningkatan teknik pertanian, Indonesia kini menanam hampir cukup beras untuk memenuhi permintaan negara. Sehingga nasi menjadi makanan pokok bagi sebagian besar orang Indonesia.

Nasi pun memegang tempat penting dalam budaya negara. Selain disajikan di sebagian besar makanan, nasi juga menggerakkan perekonomian di Indonesia. Pada umumnya, nasi seringkali disertai dengan beberapa lauk protein dan sayuran pada sebagian besar orang Indonesia. Namun, di bagian timur Indonesia, jagung, sagu, singkong, dan ubi jalar lebih umum dijadikan sebagai makanan pokok. Karena keberagaman budayanya, Indonesia memiliki beberapa makanan pokok, seperti:

  • Nasi

Nasi putih merupakan sumber energi yang baik untuk tubuh, sehingga kebanyakan negara di Asia juga menjadikan nasi sebagai makanan pokoknya. Dalam 200 gram nasi putih terdapat sekitar 250 kalori dan 53,2 gram. karbohidrat. Namun, dikarenakan nasi putih juga tinggi akan gula, tidak disarankan bagi penderita diabetes. Meskipun begitu, Anda dapat mengganti nasi putih dengan nasi yang lebih sehat, seperti nasi merah, nasi hitam dan juga nasi coklat.

  • Singkong

Singkong merupakan salah satu makanan padat nutrisi, sehingga menjadi sumber energi yang baik juga selain nasi. Pada 100 gram singkong terdapat 40 gram karbohidrat, 165 kalori dan 2 gram serat, gula, serta protein.

  • Sagu

Pada umumnya sagu dijadikan sebagai makanan pokok di bagian timur Indonesia. Sebut saja di Maluku, biasanya sagu diolah menjadi makanan bernama menjadi papeda dan disajikan bersama ikan kuah kuning serta sayur. Meskipun sagu tidak mengandung banyak nutrisi, sagu merupakan sumber energi yang baik bagi tubuh. Di dalamnya terdapat kandungan karbohidrat dan kalori yang tinggi, serta terdapat mineral seperti zat besi, kalium, dan kalsium.

  • Jagung

Jagung merupakan makanan pokok kebanyakan orang di daerah Jawa Timur. Tidak hanya karbohidrat, jagung juga kaya akan vitamin, mineral, dan serat. Dalam 160 gram jagung, terdapat 177 kalori dan 41 gram karbohidrat. Selain itu, jagung juga dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan vitamin C, vitamin B1, vitamin B9, serta magnesium dan kalium.

  • Ubi

Selain lebih sehat, ubi juga sama mengenyangkan seperti nasi. Ubi menjadi pilihan sumber energi yang baik yang juga kaya akan serat, vitamin A, vitamin C serta mineral mangan.

  • Pisang

Bukan hal yang aneh bahwa pisang menjadi salah satu makanan pokok di beberapa wilayah di Indonesia. Selain rasanya yang enak, pisang juga dapat diolah dalam berbagai macam cara. Pisang sendiri memiliki kalium atau disebut juga sebagai potasium, dalam jumlah yang banyak. Manfaat kalium antara lain menjaga keseimbangan cairan di tubuh, mengatur penyerapan dan pembuangan nutrisi di sel, membantu otot berkontraksi, termasuk otot jantung serta menstabilkan tekanan darah Anda.

Indonesia kaya akan budaya dan juga sumber pangan, sehingga Indonesia memiliki beberapa makanan pokok lain selain nasi. Masing-masing makanan pokok tersebut juga memiliki manfaat yang berbeda yang dapat Anda jadikan opsi sebagai makanan pokok sesuai dengan riwayat kesehatan Anda.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>