Manfaat Enzim Protase yang perlu diketahui

Dikenal juga dengan nama peptidase, proteinase dan proteolitik dan termasuk dalam kelompok enzim yang sangat penting bagi kesehatan manusia adalah enzim protease. Enzim ini juga mengemban tugas penting dalam berbagai macam proses yang terjadi pada tubuh manusia, berbeda dengan kerabat dekatnya seperti lipase atau amilase yang memecah lema dan karbohidrat.

Enzim yang satu ini memproses protein menjadi asam amino, hal ini membuat tubuh bisa mencernanya sebagai energi. Produksi enzim ini terdapat pada pankreas dan lambung, tetapi terkadang juga ditemukan di luar tubuh manusia. Salah satunya terdapat pada buah-buahan, seperti pepaya dan nanas.

Manfaat Enzim Protease

Manfaat utama dari enzim ini adalah untuk memecah protein dan mengubahnya menjadi asam amino, hal ini membuat tubuh bisa menggunakannya sebagai energi dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Namun, memecah protein bukanlah satu-satunya fungsi yang dimiliki enzim ini, masih banyak manfaat yang dibutuhkan tubuh.

Protease juga bertanggung jawab dalam beberapa kondisi seperti pembelahan sel tubuh, pembekuan darah, menjaga sistem imun tubuh hingga daur ulang protein. Tak hanya manusia, tumbuhan juga memerlukan enzim ini untuk tumbuh dan juga melindungi diri dari hama, seperti misalnya serangan dari serangga.

Menariknya, manusia bisa mengambil banyak manfaat dari enzim ini yang terdapat atau ditemukan dalam tumbuhan. Tak heran jika banyak suplemen enzim ini yang menggunakan bahan atau bersumber dari tumbuhan. Enzim ini diibaratkan sebagai ibu dengan beberapa anak yang memiliki fungsi berbeda-beda.

Jenis Enzim Protease

  • Pepsin

Enzim ini memiliki tugas dalam memecah protein besar menjadi protein kecil, sehingga membuat protein tersebut dapat larut dan kemudian dicerna oleh tubuh.

  • Tripsin

Tripsin merupakan enzim yang mencerna protein, di usus halus enzim ini akan meneruskan proses pencernaan makanan dan memecah protein, enzim ini diproduksi tubuh dalam pankreas.

  • Chymotypsin

Merupakan enzim pencernaan yang mengandung residu serin aktif, fungsinya adalah untuk mencerna protein dari makanan yang dikonsumsi oleh tubuh.

Sama seperti protease, ketiga jenis enzim ini memecah protein dari makanan seperti daging hingga telur hingga menjadi asam amino. Setelah itu barulah bisa diserap oleh tubuh dan dicerna dengan baik, hal inilah yang membuat enzim ini sangat dibutuhkan oleh tubuh. Hingga membuat banyak orang berbondong-bondong mencari makanan yang mengandung enzim ini.

Pepaya dan nanas menjadi jenis buah-buahan paling populer yang mengandung enzim ini, pepaya memiliki enzim papain bisa ditemukan dalam daun hingga daging buahnya. Sementara itu, nanas dengan rasa asam dan manis termasuk dalam kelompok, protease dalam buah ini bisa ditemukan pada kulit dan daging buah nanas.

Protease juga dapat ditemukan dalam suplemen, bisa dalam bentuk pil, kapsul hingga serbuk, beberapa suplemen hanya mengandung satu enzim. Sementara yang lain mengandung berbagai macam enzim seperti tripsin, pepsin, chymotrypsin, bromelain hingga papain. Protesae pada suplemen kebanyakan berasal dari tumbuhan dan hewan seperti babi serta sapi.

Enzim akan bekerja maksimal jika berada dalam kadar normal, apabila seseorang kelebihan atau kekurangan enzim maka fungsinya tidak berjalan dengan maksimal. Beberapa masalah yang terjadi kemungkinan bisa mengganggu sistem kerja tubuh, seperti penyerapan protein yang tidak maksimal, risiko terserang penyakit hingga masalah tukak lambung.

Terdapat beberapa cara yang bisa diandalkan untuk mengatasi kondisi kekurangan enzim, seperti salah satunya mengonsumsi suplemen. Hal ini diperlukan jika seseorang sudah merasakan efek samping dari beberapa masalah yang ditimbulkan karena kekurangan enzim.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>