Mengenal Batu Ginjal, Penyakit Pada Sistem Ekskresi

Sistem saluran kemih merupakan salah satu sistem ekskresi dalam tubuh manusia

Apakah Anda pernah mendengar istilah penyakit batu ginjal? Salah satu penyakit pada sistem ekskresi ini berbentuk massa yang solid dan terbuat dari kristal. Seperti Namanya, biasanya batu ginjal berasal dari ginjal. Namun, penyakit ini dapat berkembang di bagian lain saluran kemih Anda, seperti pada ureter, kandung kemih, dan pada uretra. Batu ginjal merupakan salah satu kondisi medis yang paling menyakitkan. Penyebab kondisi medis ini pun bermacam-macam, tergantung dengan jenis batu ginjal tersebut. 

Jenis-jenis batu ginjal

Penyakit pada sistem ekskresi ini tidak selamanya terbentuk dari kristal. Ada beberapa jenis batu ginjal yang terbuat dari kristal yang berbeda pada umumnya, seperti:

  • Kalsium
    Batu kalsium merupakan penyebab yang paling umum atau biasa ditemukan. Batu kalsium ini biasanya terbuat dari kalsium oksalat, dan terkadang terdiri dari kalsium fosfat dan maleat. Mengurangi makan makanan yang kaya akan kandungan oksalat dapat mengurangi risiko seseorang untuk memiliki kondisi ini. Makanan-makanan yang kaya akan oksalat seperti kentang, kacang, coklat, buah bit, dan bayam. Perlu diingat bahwa meskipun kalsium dapat menyebabkan batu ginjal, asupan kalsium yang cukup sangat dibutuhkan dalam diet Anda sehingga dapat mencegah terbentuknya kristal batu ginjal. 

  • Asam urat
    Batu ginjal jenis ini lebih sering terjadi pada pria dibandingkan pada wanita. Kondisi medis ini dapat terjadi pada mereka yang menderita encok atau mereka yang sedang menjalani kemoterapi. Batu ginjal ini dapat terjadi ketika urin berubah menjadi terlalu asam. Diet yang kaya akan kandungan purin dapat meningkatkan tingkat keasaman urin. Purin adalah zat bening yang ditemukan pada protein hewani, seperti ikan, kerang, dan juga daging. Struvite
    Tipe batu ginjal ini umumnya ditemukan pada wanita yang memiliki infeksi saluran kemih. Batu ginjal ini dapat berukuran besar dan menyebabkan obstruksi saluran kemih. Hal ini dapat menyebabkan infeksi ginjal. Merawat infeksi asal dapat mencegah terbentuknya batu ginjal struvite. 

  • Sistin
    Batu ginjal sistin merupakan penyakit pada sistem ekskresi yang jarang terjadi dan sangat langka. Kondisi medis ini dapat terjadi baik pada pria maupun wanita yang memiliki kelainan genetik cystinuria. Dengan batu ginjal tipe ini, sistem (sebuah asam yang secara alami terbentuk di tubuh) bocor dari ginjal ke urin.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>