Category Olahraga

Manfaat Senam Peregangan yang Dapat Dirasakan

manfaat senam peregangan bagi kesehatan

Melakukan latihan peregangan kelihatannya memang mudah untuk dilakukan dan sederhana, namun tetap saja untuk sebagian masyarakat hal ini susah dilakukan karena malas. Padahal menurut para ahli, peregangan perlu dilakukan oleh orang setiap saat. Namun, untuk mengatasi rasa malas melakukan peregangan sendirian, bisa diatasi dengan melakukan senam peregangan.

Menurut The American College of Sports Medicine, peregangan setiap kelompok otot utama setidaknya dilakukan sebanyak dua kali dalam seminggu selama 60 detik. Otot-otot tersebut meliputi otot betis dan kaki, perut, dada, bahu, punggung hingga lengan depan dan belakang. Peregangan perlu dilakukan karena memiliki banyak manfaat untuk tubuh, salah satunya dengan cara senam.

Manfaat Senam Peregangan

Latihan ini merupakan bentuk latihan meregangkan otot sebagai cara meningkatkan fleksibilitas otot dan meningkatkan jangkauan gerakan anggota tubuh yang melibatkan persendian. Aktivitas peregangan ini biasanya dilakukan sebagai bahan dari latihan olahraga atau rehabilitasi fungsi anggota tubuh, berikut beberapa manfaatnya.

  • Tingkatkan Fleksibilitas Tubuh

Senam ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan fleksibilitas atau kelenturan tubuh, tujuannya mampu membuat gerakan dan jangkauan yang lebih maksimal. Kondisi ini juga mampu mengurangi risiko cedera otot persendian ketika melakukan aktivitas berat.

  • Melancarkan Sirkulasi Darah

Peregangan mampu membantu melancarkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh sehingga mengurangi gangguan kesehatan yang ditimbulkan karena masalah sirkulasi darah, seperti misalnya tekanan darah tinggi.

  • Tingkatkan Keseimbangan dan Koordinasi

Melakukan peregangan sembari senam merupakan aktivitas yang cukup umum dilakukan, tak hanya bagi olahragawan tetapi juga masyarakat biasa. Biasanya peregangan dilakukan sebelum berlatih atau bertanding bagi olahragawan, hal ini dilakukan guna mempersiapkan otot agar siap melakukan kontraksi secara maksimal.

  • Tingkatkan Kebugaran Tubuh

Berlatih peregangan mampu membantu otot agar lebih kuat sehingga otot tidak mudah capek saat melakukan aktivitas fisik tertentu.  

  • Mengurangi Risiko Nyeri Punggung

Nyeri punggung bagian bawah yang disebabkan otot kaku di sekitar area tersebut atau lebih ke arah pinggul dapat teratasi secara bertahap. Latihan peregangan mampu mengurangi risiko seseorang terkena gangguan itu.

  • Mengurangi Stres

Melakukan olahraga ringan seperti peregangan dapat membantu melancarkan sirkulasi darah yang membawa oksigen dan nutrisi ke otak. Selain itu aktivitas ini mampu mengendurkan ketegangan saraf tubuh manusia.

  • Manfaat Lain

Rutin melakukan peregangan mampu membantu tubuh seseorang tetap lentur hingga usia tak lagi muda. Saat seseorang sudah memasuki usia tua, satu hal yang dapat dipastikan adalah kemampuan mobilitas akan banyak berkurang sehingga gerakan menjadi terbatas. Namun jika tubuh lentur, melakukan aktivitas sehari-hari akan menjadi lebih mudah.

Jenis Peregangan

  • Peregangan Statis

Merupakan peregangan yang dilakukan dengan menarik bagian tubuh hingga terasa tegang dan menahannya selama 15 hingga 60 detik. Jenis peregangan ini dianggap sebagai bentuk latihan yang paling aman.

  • Peregangan Dinamis

Jenis yang dinamis merupakan peregangan yang dilakukan dengan cara bergerak secara aktif, jenis yang satu ini banyak dilakukan di kelas pusat kebugaran seperti senam peregangan. Meski demikian, sebagian ahli justru menilai bahwa bentuk peregangan ini tergolong berbahaya.

Alasan para ahli yang menilai peregangan dinamis cukup berbahaya ketika dilakukan adalah untuk jenis latihan peregangan ini akan memberi tegangan pada otot dan jaringan ikat atau ligamen yang terlalu besar. Sehingga hal tersebut bukan tidak mungkin membuat seseorang yang melakukan peregangan jenis ini justru akan mengalami cedera.

Read More

9 Langkah Mengatasi Kelelahan Setelah Beraktivitas

cara mengatasi lelah pasca beraktivitas

Seiring bertambahnya usia, kelelahan kerap menjadi masalah terutama bagi yang sudah mencapai usia paruh baya. Untunglah ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kelelahan dan mengembalikan energi Anda seperti semula. Simak 9 langkah berikut ini!

  1. Temukan Masalah Kesehatan dalam Tubuh

Kelelahan kerap menjadi gejala umum dari banyak penyakit seperti diabetes, anemia, tiroid hingga gangguan tidur atau sleep apnea. Jika Anda merasakan kelelahan berlebihan yang kadang tak beralasan, cobalah berkonsultasi dengan dokter.

  • Bergeraklah

Saat sedang lelah, hal terakhir yang mungkin ingin Anda lakukan adalah bergerak. Tapi tahukah Anda jika ternyata bergerak adalah salah satu cara untuk meningkatkan energi kembali? Orang yang rajin berolahraga akan memiliki rasa percaya diri tinggi serta memiliki jantung, paru-paru dan otot yang bekerja lebih efisien.

  • Lakukan Yoga

Meski semua olahraga sama bagusnya, yoga secara khusus bisa menaikkan energi dalam tubuh. Setelah 6 minggu melakukan yoga, seorang pekerja sukarelawan asal Inggris mengaku pikirannya jadi lebih jernih dan merasa lebih percaya diri.

  • Minum Air Secukupnya

Dehidrasi menghabiskan energi dan merusak kinerja fisik. “Penelitian kami menunjukkan bahwa dehidrasi membuat atlet lebih sulit menyelesaikan latihan angkat berat,” kata Dan Judelson, PhD, asisten profesor kinesiologi di California State University di Fullerton. “Adalah masuk akal untuk berpikir bahwa dehidrasi menyebabkan kelelahan bahkan untuk orang-orang yang hanya melakukan pekerjaan rumah.)

  • Tidur Lebih Cepat

Kurang tidur meningkatkan risiko kecelakaan dan merupakan salah satu penyebab utama kelelahan di siang hari. Solusinya tidurlah lebih awal untuk mendapatkan kualitas tidur terbaik Anda.

  • Konsumsi Ikan

Minyak ikan baik untuk jantung dan kandungan omega-3 nya juga bisa meningkatkan kewaspadaan. Menurut sebuah studi tahun 2009 oleh para ilmuwan di Italia University of Siena, relawan yang mengonsumsi kapsul minyak ikan selama 21 hari menunjukkan waktu reaksi mental yang lebih cepat. Mereka juga melaporkan merasa lebih bersemangat.

  • Patuhi Jam Biologis dalam Tubuh Anda

Ada orang-orang yang cenderung merasa bersemangat di pagi hari. Ada juga yang mengaku produktif di siang hari. Perbedaan ini ditentukan oleh struktur otak dan genetika dan hal ini sullit diubah. Sebaliknya, sadari ritme sirkadian Anda sendiri. Kemudian jadwalkan kegiatan yang sesuai dengan waktu produktif yang diinginkan tubuh.

  • Turunkan Berat Badan

Kehilangan berat badan ekstra dapat memberikan dorongan energi yang kuat, kata Stewart, dari Johns Hopkins University. Bahkan pengurangan kecil lemak tubuh meningkatkan suasana hati, semangat, dan kualitas hidup.

  • Makan Lebih Sering

Banyak orang yang merasakan manfaat dengan menyantap makanan dalam porsi kecil namun sering sepanjang hari. Ini bisa membantu menjaga stabilnya kadar gula dalam darah. Meskipun sudah makan dalam porsi kecil, perhatikan jumlah asupan yang Anda santap agar tidak terjadi penambahan berat badan.

Itulah beberapa cara mengatasi kelelahan agar tubuh kembali bugar dan siap beraktivitas lagi.

Read More

Tetap Bergerak! Inilah Beberapa Olahraga yang Cocok untuk Penderita Diabetes

olahraga penderita diabetes

Olahraga memang dapat membuat badan menjadi lebih bugar dan sehat, namun terkadang tidak semua orang dapat atau ingin melakukannya. Terutama jika Anda menderita diabetes. Akan tetapi, penting untuk para penderita diabetes untuk terus bergerak dan berkeringat untuk menjaga kesehatan mereka. Aktif bergerak dan berkeringat dapat memberikan banyak manfaat, seperti menurunkan gula darah dan tekanan darah, meningkatkan energi, serta membantu Anda tidur lebih baik. Berikut adalah olahraga yang dapat dilakukan dengan mudah oleh para penderita diabetes.

Berjalan

Ini merupakan salah satu olahraga sederhana yang dapat Anda lakukan. Cobalah jalan cepat selama 30 menit hingga satu jam 3 atau 4 kali dalam seminggu. Sangat mudah untuk memulai dan setelah hal ini menjadi kebiasaan, Anda dapat mulai merasakan dampak positifnya bagi tubuh Anda.

Menari

Menari bisa menjadi olahraga yang menyenangkan untuk dilakukan. Menarilah selama 25 menit 3 hari dalam seminggu untuk membantu jantung Anda, menurunkan gula darah, mengurangi tingkat stres, dan membakar kalori. Menari dapat dilakukan sendiri atau bersama pasangan Anda.

Berenang

Salah satu olahraga terbaik bagi penderita diabetes lainnya adalah dengan berenang. Jenis olahraga ini merupakan salah satu latihan aerobik yang tidak menyiksa sendi Anda seperti olahraga lainnya. Gerakan pada renang juga memungkinkan Anda melatih otot di tubuh bagian atas dan bawah secara bersamaan. Berenang juga baik untuk kesehatan jantung Anda, serta mampu menurunkan kolesterol serta membakar kalori dengan baik.

Bersepeda

Olahraga lainnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan bersepeda. Anda dapat menggunakan alat atau benar-benar bersepeda selama 30 menit sehari, 3 hingga 5 kali dalam seminggu untuk meningkatkan detak jantung, membakar gula darah, dan membantu Anda menurunkan berat badan tanpa khawatir akan menyakiti lutut atau sendi lainnya.

Menaiki Tangga

Jenis olahraga ini terbilang mudah untuk dilakukan. Menaiki tangga dapat membantu membakar kalori dan membuat kinerja jantung dan paru-paru menjadi lebih baik dan bekerja lebih cepat, terutama jika Anda menderita diabetes tipe 2. Cobalah naik turun tangga selama 3 menit sekitar 1 atau 2 jam setelah makan. Hal tersebut sangat baik untuk membakar gula darah. Anda dapat melakukannya di mana saja selama ada tangga.

Latihan Kekuatan

Latihan kekuatan merupakan salah satu olahraga terbaik bagi penderita diabetes karena olahraga ini mampu membuat otot dan tulang Anda lebih kuat. Hasil maksimal dapat Anda rasakan jika Anda rutin melakukannya dua kali dalam seminggu.

Berkebun

Berkebun dapat menjadi salah satu alternatif olahraga yang dapat Anda lakukan untuk melatih tubuh dan membuat tubuh tetap bugar. Karena ketika berkebun, Anda akan melakukan beberapa gerakan fisik, seperti halnya berjalan, berlutut, dan juga menekuk badan. Hal ini baik untuk membangun otot dan membantu tulang Anda tetap kuat. Selain itu, berkebun juga bisa menurunkan tingkat stres yang Anda rasakan.

Yoga

Latihan ini sudah dilakukan selama lebih dari 5.000 tahun sebagai jenis olahraga yang mampu membuat Anda lebih kuat dan juga lebih fleksibel. Lebih dari itu, yoga juga bisa membantu Anda menjaga keseimbangan tubuh. Gerakan, pose dan fokus pada pernapasan juga dapat meredakan stres dan membantu membangun kekuatan otot Anda. Yoga juga diyakini mampu menjaga kadar gula darah agar lebih stabil.

Read More