Ragam Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

Daun salam menjadi bagian tak terpisahkan dari masakan-masakan khas nusantara. Banyak sekali makanan tradisional yang memanfaatkan daun salam sebagai salah satu bumbunya. Telah lama, daun salam dikenal mampu menambah aroma dan kelezatan masakan. Tapi, tahukah Anda manfaat daun salam bukan hanya sebagai pelengkap masakan, melainkan juga untuk menjaga kesehatan?

Kandungan daun salam diyakini memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan. Di bawah ini, beberapa manfaat dari Laurus nobilis atau daun salam.

1. Mengatasi peradangan

Peradangan yang terjadi sebagian besar dipicu oleh enzim COX-21. Dalam sebuah penelitian di Australia, diketahui bahwa daun salam dapat menghambat enzim tersebut.

Selain COX-21, peradangan juga dapat diakibatkan oleh penumpukan nitrat oksida di dalam tubuh. Sesquiterpene lactones merupakan senyawa yang terkandung di dalam daun salam dan dapat menghambat produksi nitrat oksida.

2. Mengendalikan kadar gula darah

Manfaat daun salam yang lain adalah meringankan penyakit diabetes. Kemampuannya mengatur metabolisme glukosa dalam darah membuat daun salam dapat membantu banyak penderita diabetes tipe 2.

Menurut hasil penelitian yang dirilis oleh National Center for Biotechnology Information (NCBI) pada tahun 2008, daun salam dapat meningkatkan fungsi reseptor insulin. Itulah sebabnya, daun yang satu ini dapat turut membantu mengendalikan kadar gula darah.

3. Mengatasi infeksi jamur

Daun salam diyakini memiliki sifat anti jamur, sehingga dapat melindungi kulit dari berbagai infeksi. Konsumsi air rebusan daun salam disebut-sebut dapat membentuk lapisan pelindung membran dan menghindarkan kulit dari infeksi jamur. Konon jamur tidak dapat menembus lapisan pelindung yang dibentuk oleh daun salam tersebut.

4. Merawat rambut

Banyak orang mendambakan rambut yang sehat, tumbuh lebat serta tidak ada ketombe. Namun, ketombe terbilang persoalan yang tidak mudah diatasi. Banyak orang berganti-ganti aneka produk perawatan rambut demi melawan ketombe. Bila Anda salah satunya, mungkin inilah saatnya beralih pada perawatan rambut tradisional, seperti memanfaatkan daun salam.

Untuk mengatasi masalah ketombe, cukup gunakan air rebusan daun salam untuk membilas rambut saat keramas.

Tak hanya itu, masih ada manfaat daun salam lainnya untuk perawatan rambut. Daun yang satu ini dapat merangsang pertumbuhan rambut, mengatasi rasa gatal pada kulit kepala, serta menanggulangi kerontokan.

5. Meredakan stres

Bukan hanya berperan bagi kesehatan fisik, daun salam juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan mental. Meski perhatian orang terhadap kesehatan mental tidak sebesar perhatian pada kesehatan fisik, namun keduanya sama penting lho.

Salah satu persoalan yang kerap mengganggu kesehatan mental seseorang adalah stres. Pemicunya tentu bisa sangat beragam. Setiap masalah akan memiliki bobot yang berbeda bagi setiap orang, tidak sedikit diantaranya yang memicu stres.

Nah, daun salam dipercaya dapat menenangkan pikiran, mengurangi rasa cemas, serta memperbaiki kualitas tidur. Untuk memperoleh manfaat daun salam yang satu ini, Anda dapat menambahkannya dalam makanan atau membakarnya, dijadikan semacam aromaterapi.

Banyak orang menganggap, obat herbal lebih aman dan tidak akan menimbulkan efek samping, karena bahannya alami. Padahal tidak demikian, obat herbal juga dapat memiliki efek samping. Jadi, Anda tetap perlu berhati-hati bila ingin menggunakan tanaman sebagai obat, termasuk daun salam.

Apabila dikonsumsi secukupnya, daun salam terbilang cukup aman. Mulai sekarang Anda dapat mengambil manfaat daun salam bukan hanya untuk masakan dan penambah aroma, melainkan juga untuk menjaga kesehatan.

Tags:  

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>